Thursday, January 26, 2017

PENGALAMAN PSIKOTEST PT. ADHI KARYA TBK.

[Cerita pengalaman proses rekrutmen pekerjaan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, menurut pandangan saya dan berusaha untuk tidak memihak, menjatuhkan atau mengubah sudut pandang pembaca menjadi negatif terhadap perusahaan. Tujuan tulisan ini semata-mata hanya untuk membagi pengalaman dan memberi gambaran kepada pembaca yang mungkin akan melalui proses rekrutmen yang sama. Selamat membaca dan berpikir secara bijak.]

Tes di PT. Adhi Karya Tbk ini adalah pengalaman pertama saya merasakan rasanya seleksi pekerjaan. Awalnya saya mendapat info lowongan PT. Adhi Karya Tbk ini melalui web infocpnsbumn.com, kemudian melalui panduan web tersebut saya mendapatkan form data diri yang kemudian harus di-email-kan ke alamat email PT. Adhi Karya Tbk. Pada saat itu lowongan yang dibuka ada program Fresh Graduate Development Program (FGDP) yang merupakan program khusus dari PT. Adhi Karya untuk mahasiswa-mahasiswa yang baru lulus atau akan lulus dalam jangka waktu yang ditentukan. Saat itu ada beberapa lowongan yang diperlukan. Sebenarnya tidak ada bagian arsitek atau lulusan jurusan Arsitektur, tapi saya ingin mencoba saja dengan memasukkan pada kategori yang paling mendekati yaitu Teknik Sipil.


Selang beberapa lama, saya sudah tidak memperhatikan pengumuman karena menurut saya tidak akan lolos karena jurusannya tidak sesuai, dan saya hanya ingin asal mencoba saja. Tiba-tiba saja ada notifikasi email yang masuk dan memberitahukan bahwa saya lolos seleksi adminitrasi dan diundang untuk mengikuti psikotest di Hotel Novotel Yogyakarta. Awalnya saya ragu dan tidak langsung mengkonfirmasi kehadiran, karena jadwal yang diberikan bentrok dengan jadwal pengarahan jurnal tugas akhir saya (saat itu saya masih proses pengerjaan tugas akhir, belum sidang pendadaran). Akhirnya saya biarkan saja dulu email tersebut sambil mencari info dari teman dan kakak tingkat mengenai ijin pengarahan jurnal tugas akhir.


Di tengah-tengah kebingungan saya mana yang harus saya hadiri, tiba-tiba ada telepon masuk di HP saya dengan nomor yang tidak saya kenal tapi beridentitas kode nomor telepon Jakarta. Saya angkat, ternyata itu telp dari PT. Adhi Karya Tbk yang menginfokan bahwa saya lolos dan diundang psikotest seperti yang sudah di-email-kan. Lalu saya disuruh saat itu juga untuk mengkonfirmasi apakah akan hadir atau tidak. Saya yang sebenarnya masih bingung dan belum ada kepastian, langsung saja mengiyakan untuk hadir di psikotest Adhi Karya.

Pada hari psikotest tiba, saya berangkat pagi sekali dari Solo-Yogyakarta dengan kereta api Prameks dan Gojek dari stasiun Tugu menuju Novotel. Sampai disana, peserta belum diperbolehkan masuk ke ruang tes sehingga harus menunggu di lobby hotel. Ketika sudah mendapat komando, saya naik ke ruang tes yang ada di lantai atas. Sebelum masuk ke ruang, peserta diarahkan untuk melihat nama di papan pengumuman dan menghafalkan nomor urut yang akan menjadi nomor tempat duduk juga. Setelah menemukan tempat duduk masing-masing, tes dimulai yang dipandu bukan langsung dari pihak Adhi Karya, tapi dipandu oleh PPM Manajemen. Bagi yang sudah pernah mengikuti tes-tes di perusahaan besar pasti tidak asing dengan PPM Manajemen. Psikotest yang dilaksanakan adalah psikotest lengkap mulai dari tes pengetahuan, gambar, kraepelin, sampai tes kepribadian. Maaf, saya lupa detailnya apa saja, tapi bisa search di google psikotest lengkap meliputi apa saja. Psikotest saat itu dimulai sekitar jam 9.00 dan berakhir sekitar jam 13.30, dengan dipotong jam istirahat untuk sholat dan makan. Enaknya tes disini disediakan makan siang hehe.

Setelah selesai tes, diinfokan untuk pengumumannya akan ditempel pada papan pengumuman di depan ruang tersebut jam 19.00. Bagi yang lolos akan mengikuti tahap selanjutnya langsung keesokan harinya. Namun, keberuntungan belum berpihak pada saya. Saya tidak lolos psikotest Adhi Karya dan belum bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Tapi tidak ada penyesalan bagi saya karena saya mendapatkan pengalaman pertama seleksi kerja yang sangat bermanfaat dan menjadi bekal saya untuk tes-tes selanjutnya.

Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 comment:

  1. kak tahapan tes adhi karya, apa2 aja ya ? lalu selang waktu berapa hari ya, dari tes satu ke tes selanjutnya ? mohon penjelasannya

    ReplyDelete