Thursday, August 13, 2015

TRAVEL REPORT : Batu, Malang, Jawa Timur, Indonesia

DAY 1
6 JULI 2015

Hari pertama dimulai dengan berangkat dari rumah. Karena kebetulan udah pulang ke rumah Surabaya, jadi aku berangkat dari Stasiun Surabaya Kota (Stasiun Semut). Sebenernya lebih enak berangkat dari Stasiun Gubeng sih, tapi karena dari rumah lebih deket ke St. Semut, jadi nyoba berangkat dari St. Semut aja. Berangkat jam 6.00 dengan pertimbangan biar nggak kehabisan tiket, padahal jadwal keretanya jam 7.30 dan sampai sana ternyata stasiunnya sepiiii banget belum ada penumpang satu pun, nggak antri sama sekali, langsung dapet tiket -___- Alhamdulillah. Kereta Penataran Surabaya-Malang harga Rp 12,000. Nunggu 1.5 jam sambil ngantuk-ngantuk, akhirnya keretanya dateng dan berangkaaatt.

Perjalanan sekitar 3 jam, sampai Stasiun Malang sekitar jam 10.20. Dari stasiun langsung menuju penginapan di Batu, di penginapan udah ada Retno sama Dela, mereka berangkat dari Solo tengah malem dan udah sampai penginapan sekitar jam 9.30. Perjalanan dari St. Malang ke Batu naik angkot dua kali, pertama dari naik angkot ADL/AL (kalau mau cepet naik ADL, kalau mau nikmati keliling kota Malang tapi waktunya lebih lama naik AL) bayar Rp 4.000 turun di Terminal Landung Sari. Dari terminal Landung Sari oper naik angkot BJL bayar Rp 5.000 (jangan kaget kesasar, angkot ini memang jalurnya lewat jalan-jalan kecil berliku). Karena penginapanku persis di seberang BNS, jadi turun di Indomart depan BNS, terus dijemput sama mbak pemilik penginapannya, dianter sampai penginapan. Sampai penginapan sekitar jam 11.45, pas adzan dhuhur.

Selesai ibadah dhuhur, kita bertiga langsung menuju tujuan utama, Museum Angkut. Dari penginapan ke Museum Angkut sekitar 2-3 km, jadi kami naik ojek Rp 10.000/motor. Sedihnya… sampai Museum Angkut ternyata pas hari itu harga tiket masuknya udah naik ikut harga high season. Yang harusnya Rp 60.000, kita jadi bayar Rp 80.000 huhuhu.

Masuk ke Museum Angkut sih awalnya agak bosenin cuma liat pajangan gitu gitu doang. Tapi begitu masuk zona Kota Jakarta Tua (kalo nggak salah) mulai asik, lanjut ke area mobil-mobil, Gangster, Eropa, sampai akhir, seruuuu bangeeeett! Nih sebagian kecil bukti serunya…



'



Saking asiknya, kita baru keluar Museum Angkut sekitar jam 16.00 lebih, terus muter muter Pasar Apung sebentar sambil cari makanan buat buka puasa, terus langsung pulang naik ojek lagi.
Sampai di penginapan lagi pas Maghrib, istirahat sebentar, mandi, ngecharge hp, setelah Isya kita langsung keluar lagi dan menuju tujuan kedua : Batu Night Spectacular (BNS). Alhamdulillah banget dapet penginapan yang deket BNS, jadi tinggal nyebrang aja. Tapi sedihnya lagi, tiket masuk BNS juga udah ikut harga high season, yang awalnya Rp 20.000, kita jadi bayar Rp 30.000.
Di dalem BNS kita langsung ke Taman Lampion yang emang dari dulu jadi emphasis dari BNS. Masuk Taman Lampionnya bayar lagi Rp15.000, dari harga asli Rp 10.000.
Setelah foto-foto di Taman Lampion, kita sebenernya pengen naik Sepeda Udara yang aku recommended banget, tapi karena naik sepedanya harus berpasangan dan jumlah kita ganjil, jadi batal deh naik sepeda udara.



Akhirnya kita makan malem aja di Foodcourt BNS. Lanjut muter-muter di area oleh-oleh BNS, terus muter muter lagi cuma buat nyari pintu keluar wkwkwk, akhirnya kita keluar BNS. Mampir sebentar beli sate ayam di pinggir jalan buat makan sahur, jam 22.00 udah sampai lagi di penginapan. Dan…… time to sleeeeeepp. Serius pegel banget rasanya badan. So, siap-siap tenaga extra aja ya kalau niat jalan-jalan seharian di Batu.

DAY 2
8 JULI 2015

Semaleman tidur nyenyaaakk banget, bangun tidur rasa capeknya udah hilang semua. Penginapannya manteb banget deh. Udah lokasi strategis, nyaman berasa di hotel, harganya juga terjangkau banget cuma Rp 150.000/kamar.

Gantian bangun, gantian mandi, siap-siap, sekitar jam 10.00 kita udah siap menuju tempat tujuan ketiga : Batu Secret Zoo. Karena nggak jauh-jauh banget (sebenernya jalan kaki bentar bisa sih, tapi lumayan juga kalo siang dan dalam keadaan puasa hehe), jadi kita naik angkot BJL bayar Rp 3.000. Disini nih tiket masuknya yang paling kejaaamm. Padahal sebelumnya kita udah cek di web Batu Secret Zoo, HTM weekend harusnya Rp 75.000, tapi waktu itu kita weekdays aja kena Rp 105.000 gara-gara high season huhuhuhuhu. Yaudah nggak mungkin kan udah jauh-jauh terus nggak jadi, akhirnya kita masuk deh.



Di dalem Batu Secret Zoo, berasa kebun binatang yang kereeenn banget. Binatangnya unik-unik dan terawat banget. Sirkulasinya juga keren banget, berasa pemanfaatan lahannya maksimal banget. Niiihh saudara-saudara kalian yang lucu-lucu….






Karena harga tiket masuk Batu Secret Zoo udah termasuk HTM Museum Satwa (bangunan di sebelah Batu Secret Zoo), jadi setelah keluar dari Batu Secret Zoo kita langsung foto foto di depan bangunan Museum Satwa yang ngehitz banget.





Di Museum Satwa ini isinya beda dari Batu Secret Zoo. Kalo di Batu Secret Zoo beneran kebun binatang beneran, kalo di Museum Satwa ini isinya binatang-binatang yang udah diawetin.




Kita selesai sekitar jam 15.30, langsung balik ke penginapan buat siap-siap pulang. Sebenernya aku mau naik kereta lagi jam 16.55, tapi kayaknya udah nggak keburu karena perjalanan Batu-St. Malang aja sekitar 1 jam. Setelah nunggu Retno – Dela mandi, terus pamitan ke mbak penginapannya, kita bertiga balik menuju St. Malang. Kereta Retno – Dela sebenernya masih jam 20.00, tapi karena katanya setelah jam 17.00 udah nggak ada angkot, jadi mereka milih nunggu di stasiun aja. Nah, aku karena udah nggak keburu naik kereta, akhirnya langsung ke Terminal Arjosari naik bis tujuan Terminal Bungurasih Surabaya. Kebetulan waktu itu bis PATAS yang langsung berangkat ada Bis Menggala. Walaupun bayarnya lebih mahal dari kereta Rp 25.000, tapi lebih cepat sampai. Aku berangkat dari Terminal Arjosari jam 17.30, sampai Terminal Bungurasih jam 19.30. Karena rumahku masih jauh dari Bungurasih, jadi harus naik bis kota Damri lagi dan Alhamdulillah sekitar jam 21.00 udah sampai rumah dengan selamat dan bahagia J Retno – Dela juga sampai dengan selamat di Solo sekitar jam 2.30.



Rincian biaya yang aku keluarin selama dua hari (cuma buat referensi aja):

DAY 1
Kereta Penataran Surabaya - Malang                                                      Rp 12.000
Angkot ADL (St. Malang – Terminal Landung Sari)                             Rp 4.000
Angkota BJL (Terminal Landung Sari – Batu)                                       Rp 5.000
Minum (Aqua botol sedang, beli di Indomart)                                        Rp 3.200
Ojek (Penginapan – Museum Angkut)                                                    Rp 10.000
HTM Museum Angkut                                                                            Rp 80.000
Ojek (Museum Angkut – Penginapan)                                                    Rp 10.000
Jajan di Pasar Apung                                                                                Rp 10.000
HTM BNS                                                                                                 Rp 30.000
HTM Lampion BNS                                                                                  Rp 15.000
Makan Malam di Foodcourt BNS                                                             Rp 20.000
Sate ayam pintu keluar BNS                                                                      Rp 15.000

DAY 2
BJL (Penginapan – Batu Secret Zoo)                                                         Rp 3.000
HTM Batu Secret Zoo + Museum Satwa                                                   Rp 105.000
Foto bareng burung di Batu Secret Zoo                                                     Rp 5.000
BJL (Batu Secret Zoo – Penginapan)                                                         Rp 3.000
Urunan penginapan                                                                                     Rp 50.000
BJL (Batu – Terminal Landung Sari)                                                          Rp 5.000
ADL (Terminal Landung Sari – Terminal Arjosari)                                   Rp 5.000
Bis Menggala (Malang – Surabaya)                                                            Rp 25.000
Bis Damri (Bungurasih – Perak)                                                                  Rp 6.000
Becak (turun bis – rumah)                                                                            Rp 5.000


                                                                                TOTAL                         Rp 426.200

No comments:

Post a Comment