Saturday, January 28, 2017

PENGALAMAN SELEKSI KERJA PCPM BANK INDONESIA 2016

[Cerita pengalaman proses rekrutmen pekerjaan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, menurut pandangan saya dan berusaha untuk tidak memihak, menjatuhkan atau mengubah sudut pandang pembaca menjadi negatif terhadap perusahaan. Tujuan tulisan ini semata-mata hanya untuk membagi pengalaman dan memberi gambaran kepada pembaca yang mungkin akan melalui proses rekrutmen yang sama. Selamat membaca dan berpikir secara bijak.]

Untuk kali ini saya akan menceritakan pengalaman seleksi kerja yang paling berkesan dan bikin gregetan hehe. Gimana nggak berkesan, ini perusahaan idaman hampir seluruh pekerja di Indonesia. Iya nggak sih? Coba deh siapa yang nggak pengen kerja di Bank Indonesia, apalagi yang fresh graduate kayak saya. Oke deh, jadi cerita ini dimulai dari lowongan BI yang saat itu dibuka dengan program Calon Pimpinan Bank Indonesia Masa Depan atau yang paling familiar disebut PCPM Tahun 2016. Menurut gosip sesama peserta sih katanya program ini hanya dibuka 6 tahun sekali atau berapa tahun sekali gitu deh. Nah, keluarnya info lowongan ini bikin gempar jobseeker seluruh Indonesia. Saya lupa pastinya berapa, tapi pendaftarnya sampai puluhan ribu, salah satunya saya.

Dari awal pendaftaran, proses seleksi PCPM BI ini dibawah kendali PPM Manajemen. Mulai dari pendaftaran melalui web PPM yang dibuat khusus untuk rekrutmen PCPM BI. Di web tersebut, pendaftar diminta untuk mengisi data diri lengkap persis seperti form CV untuk melamar pekerjaan. Kalau yang pernah daftar pekerjaan via web perusahaan pasti tau deh ya apa-apa aja yang harus diisi, mulai data diri lengkap, riwayat pendidikan formal dan non formal, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, sampai halaman persetujuan dari perusahaan tersebut. Setelah selesai mengisi form, saya mendapat email konfirmasi dari PPM Manajemen yang berisi username dan password untuk login dalam keperluan upload berkas dan melihat pengumuman. Saat itu saya nggak ngeh kalau harus upload berkas, tapi saya ngerasa ada yang janggal. Beberapa hari kemudian saya baru sadar dan langsung upload berkas yang diminta, yaitu scan KTP, foto, ijazah/SKL, transkrip, dan TOEFL (kalau nggak salah ya, udah agak lupa).


Enaknya seleksi kerja BI dibawah kelola PPM Manajemen ini dilaksanakan dengan jadwal yang sangat amat jelas. Sudah ada jadwal seleksi dari awal sampai akhir, sehingga peserta udah tau kapan pengumuman, kapan tes selanjutnya dan apa jenis tes selanjutnya. Kebetulan saat itu ada 6 tahap seleksi (seleksi administrasi, seleksi tahap I-V). Yang dilakukan pada tahap pendaftaran via web itu adalah seleksi administrasi.

Proses pendaftaran dilakukan sekitar 2 minggu, kemudian diumumkan via web dengan menggunakan username dan password yang telah diberikan pada masing-masing peserta. Saya masih ingat sekali saat pengumuman, web mengalami server down hampir seharian karena peserta berebutan untuk login. Saat itu saya baru berhasil login dan melihat pengumuman pada sore hari. Dan Alhamdulillah saya lolos seleksi administrasi. Saking banyaknya pendaftar PCPM BI 2016 di seluruh Indonesia, maka lokasi tes selanjutnya dibagi menjadi 10 kota. Oh iya, masing-masing peserta juga disuruh memilih kota seleksi saat mengisi form adminitrasi. Saya memilih Kota Surabaya sebagai lokasi tes karena memang saya tinggal di Surabaya hehe.

Tes selanjutnya adalah psikotest. Untuk lokasi tes Surabaya saat itu bertempat di Gedung FISIP Universitas Airlangga (Kampus B). Sudah dibagi menjadi 10 kota, tiap kota juga masih dibagi menjadi beberapa hari, dan tiap harinya masih dibagi lagi menjadi beberapa kloter, dan tiap kloternya dibagi menjadi beberapa ruang. Kurang hebat apa nih jumlah pendaftar PCPM BI. Saya mendapat jadwal psikotest hari Minggu jam 8 pagi (lupa tanggalnya, sekitar akhir September pokoknya hehe). Saya yang belum paham lokasi tes, jadi harus berangkat pagi-pagi supaya masih punya waktu untuk mencari lokasi tes dan jaga-jaga kalau nyasar hehe. Sampai disana malah jadi kepagian dan menunggu beberapa lama karena ruang tes baru dibuka jam 8 lebih.

Sebelum masuk ruang, peserta harus melihat daftar nama di depan ruang untuk menemukan nomor kursi. Kemudian masuk ruangan dan duduk sesuai nomor. Lalu peserta diminta untuk mengisi daftar hadir dan menyiapkan kartu peserta + KTP. Oh iya, buat yang mau tes PCPM jangan sampai lupa pakai pakaian sesuai ketentuan (waktu aku sih hitam-putih), bawa kartu peserta yang bakal di tanda tangani panitia, dan perhatikan seluruh aturan tes ya!

Setelah proses pemeriksaan bla bla bla itu selesai, kemudian ada presentasi sekilas tentang PCPM BI yang jelasin apa itu PCPM, berapa yang daftar, berapa yang lolos, ada berapa kota dan dimana saja yang jadi lokasi tes, ya sekitar itu deh penjelasannya. Kemudian psikotest pun dimulai. Maaf banget nih ya, saya bener-bener lupa psikotestnya yang model gimana aja huhu. Seinget saya sih lebih banyak tentang kecerdasan, mulai dari pengetahuan umum, kata-kata, hitungan. Tesnya sendiri selesai sekitar jam 9.30.

Setelah psikotest selesai, dilanjutkan dengan verifikasi berkas yang ada di ruang khusus verifikasi. Yang diverifikasi adalah berkas-berkas sesuai data yang kita upload di web seperti ijazah/SKL dan transkrip nilai. Jadi diusahain jangan asal-asalan upload dan jangan sampai ada kendala sampai tidak membawa berkas-berkas yang diminta ya, karena seleksi tahap I ini ada 2 penilaian dan tanda tangan di kartu peserta. Yaitu tanda tangan kehadiran psikotest dan tanda tangan kelengkapan berkas.

Setelah seleksi tahap I selesai, peserta menunggu pengumuman sampai tanggal yang ditentukan. Dan lagi-lagi saat pengumuman tahap I server kembali down wkwk. Alhamdulillah saya lolos tahap I dan diberi kesempatan melanjutkan seleksi tahap II, yaitu tes bahasa inggris dan tes pengetahuan kebanksentralan serta isu-isu ekonomi terkini. Ini nih tes yang bikin saya gregetan hehe. Saya yang lemah hafalan, akhirnya rela belajar cuma demi tes PCPM BI. Mulai dari bikin rangkuman, mindmap, hafalan segala macem walaupun nggak hafal-hafal, sampai pelajari soal-soal yang di share di grup peserta PCPM BI 2016. Waktu itu, hasil membaca postingan pengalaman dari peserta PCPM periode-periode sebelumnya, kisi-kisi soal yang akan banyak keluar di tes tahap II ini adalah materi-materi yang ada di web Bank Indonesia. Begitu saya buka web BI, benar saja banyak materi tentang bank BI dan kebanksentralan. Akhirnya saya memfokuskan otak saya untuk menghafal segala artikel di web BI, mulai dari penjelasan, visi, misi, wewenang, sampai struktur organisasi.

Eeeeeehhh hari tes tahap II tiba dan luar biasa! Hehe. Lokasinya masih sama seperti tes tahap I. Hanya saja beda jam dan ruangan. Yang pertama dimulai adalah tes pengetahuan kebanksentralan dan isu-isu ekonomi terkini. Yak luar biasa sekali saya di tes yang satu ini. Hampir seluruh soal saya jawab dengan feeling haha! Dari 95 soal, mungkin tidak sampai 10 soal yang keluar dari hasil belajar saya. Mayoritas soal bukan dari web BI, tapi dari ilmu ekonomi dan isu-isu ekonomi yang up to date. Pendapat saya sampai saat ini, yang lolos tes tahap II ini pasti orang-orang yang emang berasal dari bidang ekonomi dan sering membaca berita ekonomi. Ya kali, saya yang sehari-hari kerjaannya sama AutoCAD SketchUp taunya ukuran standart tinggi pintu jendela, eh tau-tau ditanya tentang nama bank nasional AS, nama pahlawan di mata uang, rencana nilai mata uang yang mau beredar dan disuruh hitung nilai uang beredar huhu.

Selesai tes pengetahuan kebanksentralan dan isu-isu ekonomi terkini, dilanjutkan ke tes bahasa inggris. Untuk tes bahasa inggris sebenarnya tidak terlalu sulit, tapi yang saya sayangkan saat itu waktu pengerjaan tes bahasa inggris jauh lebih sedikit dibanding tes sebelumnya. Dan panitia di ruang saya mengingatkan saat waktu tersisa hanya tinggal 10 menit. Sehingga peserta panik dan kewalahan saat menyelesaikan tes bahasa inggris.

Selesai tes tahap II ini saya keluar gedung dengan harapan memiliki stok keberuntungan yang besar haha. Karena saya sudah sadar tidak bisa mengandalkan hasil dari tes tahap II ini. Sampai tanggal pengumuman, saya masih sangat berharap diberi keberuntungan untuk lolos ke tahap III. Tapi ternyata Allah berkehendak lain. Saya belum diberi kesempatan untuk melanjutkan pengalaman di tahap selanjutnya. Ada rasa gregetan karena harus berhenti berjuang saat sudah mengalahkan hampir setengah peserta. Tapi ada rasa lega karena saya merasa memang belum cukup pantas untuk masuk ke dunia baru yang saya belum memiliki ilmu sama sekali di bidang ekonomi.

Semangat ya untuk yang mau tes PCPM BI periode selanjutnya! Semoga saya juga bisa diberi kesempatan berjuang di program ini lagi hehe.


Sekian. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

1 comment:

  1. Halo kak. Mau nanya dong kakak kan jurusan arsi tuh, gimana daftarnya waktu batch kakak emg ada pilihan arsi apa gimana? Soalnya aku teksip terus pas isi di web tuh gabisa karena gaada untuk jurusan teksip:(

    ReplyDelete