Thursday, January 26, 2017

PENGALAMAN INTERVIEW DI PT. ALAM INDAH GRAHA UTAMA

[Cerita pengalaman proses rekrutmen pekerjaan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya, menurut pandangan saya dan berusaha untuk tidak memihak, menjatuhkan atau mengubah sudut pandang pembaca menjadi negatif terhadap perusahaan. Tujuan tulisan ini semata-mata hanya untuk membagi pengalaman dan memberi gambaran kepada pembaca yang mungkin akan melalui proses rekrutmen yang sama. Selamat membaca dan berpikir secara bijak.]


Bisa dibilang PT. Alam Indah Graha Utama ini merupakan perusahaan kedua yang saya lalui proses seleksinya. Awalnya saya melamar perusahaan ini melalui Jobstreet dengan posisi yang dibutuhkan adalah Estimator Fasade. Setelah beberapa minggu melamar, ternyata saya mendapat panggilan untuk melakukan tes interview di kantor PT. Alam Indah yang terletak di Komplek Pergudangan Margomulyo.

Pada hari tes, saya hadir di tempat terlalu cepat dari yang dijadwalkan. Sehingga saya harus menunggu sekitar 30 menit di luar ruangan. Fyi, perusahaan ini memiliki kantor yang digabung dengan gudang. Jadi memang di komplek pergudangan ini merupakan gudang-gudang perusahaan yang di dalamnya juga terdapat kantor. Untuk PT. Alam Indah sendiri, pada bagian bawah full digunakan sebagai gudang, sedangkan kantornya ada di bagian lantai 2 sisi kiri depan.

Setelah menunggu beberapa saat, akhirnya pemilik perusahaan tersebut datang dan mempersilahkan masuk untuk memulai proses tes. Pada saat itu, yang dijadwalkan tes hanya saya. Sehingga tanpa menunggu antrian dengan peserta lain, saya langsung melalui tes pada saat itu juga. Kantor dari perusahaan ini tidak terlalu besar tapi cukup nyaman, dengan 3 ruang yaitu ruang kerja dengan kapasitas sekitar 5-6 meja kerja, ruang meeting (yang digunakan proses interview), ruang kecil hanya untuk 2 orang (saya kurang paham ruang ini untuk bagian apa, tapi sepertinya bagian administrasi dan bagian yang paling sering berhubungan dengan pegawai di gudang), dan satu ruang lagi kamar mandi. Menurut pengamatan saya, perusahaan ini merupakan perusahaan keluarga. Karena saat saya masuk ke dalam kantornya, perusahaan ini di komando oleh Bapak, Ibu dan dua anak lelakinya, yang merupakan keluarga Chinesse. Saat itu saya melakukan interview dengan anaknya yang nomor dua, saya sebut saja Koko 2. Materi interviewnya tidak jauh dari CV yang saya bawa pada saat itu. Mulai dari tempat tinggal, keluarga, kuliah, kendaraan, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan CV. Kemudian saya juga ditanya mengenai sejauh mana yang saya ketahui tentang perusahaan tersebut, lalu dilanjutkan dengan penjelasan dari Koko 2 bahwa perusahaan ini adalah perusahaan kontraktor yang bergerak di bidang aluminium dan kaca. Mulai dari penghitungan kebutuhannya sampai penyedia materialnya.

Proses interview berlangsung sekitar 30 menit. Kemudian saya diambil alih oleh anak yang nomor pertama (Koko 1) untuk langsung diberikan tes yang berkaitan dengan posisi Estimator Fasade. Awalnya saya khawatir karena belum memiliki ilmu sama sekali di bidang penghitungan material. Namun ternyata sebelum memulai tes, saya dikenalkan terlebih dahulu jenis-jenis material yang perlu dihitung dan bagaimana cara mengitungnya (secara umum). Nah, baru setelah itu saya diberi gambar kerja gedung bertingkat di laptop dan ditugaskan untuk mencoba menghitung kebutuhan berbagai material yang dibutuhkan pada gedung tersebut. Bagian ini yang menurut saya bagian paling melelahkan. Karena dalam waktu 1 jam saya harus menyelesaikan hitungan-hitungan yang cukup detail yang baru saja saya pelajari beberapa menit yang lalu.

Alhamdulillah saya cukup lancar melalui proses tersebut walaupun kepala langsung cenut-cenut hehe. Setelah selesai, proses kembali dilanjutkan dengan interview pertanyaan yang berkaitan dengan tes hitung sebelumnya. Apakah saya merasa bisa atau malah kesulitan, apa saya merasa sanggup kalau harus memiliki job desc seperti itu, berapa lama saya bisa menyelesaikan penghitungan satu gedung, dan lain-lain. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan kapan saya bersedia memulai bekerja dan berapa gaji yang saya inginkan. Pada pertanyaan terakhir ini tidak banyak negosiasi yang ditawarkan karena saya meminta gaji UMK Surabaya pada saat itu dan Koko 1 dan ayahnya langsung menyetujui dan untuk kenaikan gaji akan dilihat dari kinerja saya pada perusahaan.

Setelah itu, interview berakhir dan untuk keputusan diterima atau tidak akan diinformasikan kembali. Total waktu yang saya habiskan pada proses tersebut hampir 3 jam dengan kepala nyut-nyutan karena efek menghitung detail angka dan galau akan melanjutkan di perusahaan tersebut atau tidak.

Tidak sampai seminggu, saya dihubungi kembali oleh PT. Alam Indah, tapi saya tidak tahu apa yang akan diinfokan perusahaan tersebut. Karena sepulang dari tes interview saat itu, dengan berat hati saya memutuskan tidak melanjutkan perjalanan di perusahaan tersebut. Sehingga saat PT. Alam Indah kembali menghubungi, saya memutuskan untuk tidak menjawab panggilan tersebut. Sampai tiga hari berturut-turut, saya masih dihubungi dan tetap tidak menjawab. Sampai akhirnya tidak ada panggilan lagi.

Saya tidak menjelaskan detail apa yang membuat saya yakin untuk menolak bekerja di perusahaan tersebut. Karena sesungguhnya masih ada beberapa hal yang saya sayangkan harus melepas dari perusahaan tersebut. Pertama, perusahaan tersebut masih memiliki bidang yang berkaitan dengan kuliah saya. Belum tentu selanjutnya saya bisa mendapat tawaran di bidang yang sama. Kedua, gaji yang diberikan sudah sesuai dengan yang saya inginkan pada saat itu. Namun, saya adalah orang yang mengutamakan kenyamanan dalam melakukan segala hal. Dan pada saat proses interview ada banyak hal yang saya baca dari lingkungan pekerjaan tersebut yang membuat saya kurang yakin dapat nyaman dan bertahan di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, daripada saya harus memaksakan diri dan berujung dengan perasaan yang lebih tidak enak, lebih baik saya memilih untuk tidak memulai sesuatu yang akhirnya tidak akan berakhir indah. Asik.


Sekian. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat. Terima kasih 

4 comments:

  1. Kemudian jadi diambil y kak?
    Q lihat di blog 2018

    ReplyDelete
  2. PT.RAKA CITRA SELARASGeneral Trade Supplier & Export Import

    Kepada Yth,Up : Bapak / Ibu
    Purchasing / Div.Import / Logistics Dept.

    Di Tempat,
    Perkenalkan kami dari PT.RAKA CITRA SELARAS  Freight Forwarder yang melayani pengiriman barang import, LCL / FCL, resmi / legal serta peminjaman Perusahaan / Undername ke seluruh Indonesia dan Kami mempunyai Agent-Agent di Eropa dan Asia sehingga kami bisa mengerjakan import borongan dan resmi dengan harga Ex-Work , FOB, C&F Dan CIF.

    PT.RAKA CITRA SELARAS  kami bisa menangani impor barang-barang sabegai berikut :
    Mesin Baru/Bekas, Alat Berat, Besi/Baja, Pompa, Genset, Mainan, Alat Kesehatan ( ALKES ), Electronics, Spare Part, Textile, Garment, Alas kaki, Accessories, Keramik Ubin, Chemical, Makanan dan barang Cargo lainnya.

    Adapun Produk-Produk jasa yang kami tawarkan via laut dan udara Sbb :
    Jasa Customs clearance Laut & Udara
    Jasa Import Borongan Under Name ( All-In )
    Jasa Import Ex-work langsung
    Jasa Import Under Name
    Jasa Import Door To door service
    Jasa Domestics Darat, Laut Dan Udara

    Demikianlah penawaran ini kami ajukan,besar harapan kami bisa kerja sama dengan perusahaan Bapak/Ibu dan atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
    Best Regarsd

    ILYAS
    Mobile/Wa: 0812 1181 8882
    Email : Ilyas.jsimport@gmail.com
    www.jasaimportboronganinternasional.com

    Jakarta Office
    Graha Emre Lt 3 Room 303 Jl.Raya Pondok Gede No 37 
    Pinang Ranti,Jakarta timur,Indonesia

    ReplyDelete
  3. No.999/SMB/PENW/BG-AS/.2019
    Kepada Yth,
    Perusahaan Kontraktor Supplier & Jasa lainnya...
    DI – TEMPAT
    Up : Pimpinan/Finance
    From : Zeki Saputra
    Parihal : Penawaran Penerbitan Bank Garansi,Asuransi & Jaminan SP2D Dana Akhir Tahun Tanpa Agunan / Non Collateral

    Dengan Hormat,
    Perkenalkan Kami dari PT.SEKUNDANG MAJU BERSAMA, Adalah Perusahaan (Consultant bank guarantee & Surety Bond) Menawarkan Kerjasama dalam hal Penerbitan BANK GARANSI & Surety Bond , Serta penutupan kontrak lainnya, Dimana Bank Garansi & Asuransi yang kami tawarkan telah diterima diinstansi PEMERINTAH BUMN, SWASTA, PLN,CONOCO,CHEVRON, MABES,TOTAL, PERTAMINA ,DLL dan kami memberikan kemudahan diantaranya...Proses Cepat, Polis Kami Antar, Biaya Kompetitif,Tanpa Agunan/ Non Collateral

    Jenis Jaminan Proyek :
    1. Jaminan Penawaran/Bid ( Tender) Bond.
    2. Jaminan Pelaksanaan/Performance Bond.
    3. Jaminan Uang Muka/Advance.
    4. Jaminan Pemeliharaan/Maintenance Bond.
    5. Jaminan Pembayaran/Paymen Bond
    6. Jaminan Penundaan Pembayaran bea masuk (Custom Bond)
    7. Jaminan Construction All Risk , SP2D Akhir Tahun dan Jaminan Lainnya.

    Jenis-jenis jaminan asuransi (surety bond) yang kami terbitkan antaranya sebagai berikut:
    1. PT.ASURANSI ASKRINDO
    2. PT.ASURANSI JASINDO
    3. PT.ASURANSI ASEI
    4. PT.ASURANSI JAMKRINDO
    5. PT.ASURANSI SINARMAS
    6. PT.ASURANSI ASKRIDA
    7. PT.ASURANSI BUMIDA
    8. PT.ASURANSI ACA
    9. PT.ASURANSI MEGA PRATAMA
    10.PT.ASURANSI BOSOWA PERISKOP
    11.PT.ASURANSI RAYA
    12.PT.ASURANSI BERDIKARI
    13.PT.ASURANSI RAMAYANA
    14.PT.ASURANSI REKAPITAL,DLL

    Jenis-jenis Bank Garansi (Bank Guarantee) Yang Kami Terbitkan antaranya sebagai berikut:
    1. BANK MANDIRI
    2. BANK BRI
    3. BANK BNI
    4. BANK BTN
    5. BANK BCA
    6. BANK SINARMAS
    6. BANK BII
    7. BANK BUKOPIN
    8. BANK EXIM
    9. BANK BPD DKI
    10.BANK BPD JATIM
    11.BANK BPD SUMSEL
    12.BANK BPD JAB,DLL

    Beberapa Jenis Asuransi Kerugian Umum :
    1. Asuransi Pengangkutan
    2. Asuransi Pengangkutan Barang (Cargo Insurance)
    3. Asuransi Pengangkutan Melalui Laut (Marine Cargo)
    4. Asuransi Pengangkutan Melalui Darat (Land Cargo)
    5. Asuransi Pengangkutan Melalui Udara (Air Cargo)
    6. Asuransi Rangka Kapal (Marine Hull)
    7. Asuransi Pesawat Terbang (Avition)
    8. Asuransi Rekayasa Tehnik (Engineering)
    9. Asuransi Kendaraan (Vehicle Insurance)
    10.Asuransi Kebakaran (Fire Insurance) Dan Jaminan Asuransi Kerugian Lainnya

    Demikianlah penawaran ini kami sampaikan, semoga dapat menjalin kerjasama dan berkesinambungan dimasa yang akan datang,atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Best Regard.
    ZEKI SAPUTRA

    PT. SEKUNDANG MAJU BERSAMA
    Agent - Insurance – Bank Guarantee Surety Bond
    Jl. Kayu Manis lV No.16 RT 008 RW 003, Matraman Jakarta - Timur 13130
    Hp/WhatsApp : 085368072394
    Telpon : 021-2289 6093
    Fax : 021-2232 6174
    E-mail : zeki.insurance@gmail.com



    ReplyDelete