Tuesday, September 5, 2017

PENGALAMAN SELEKSI KERJA BPJS KETENAGAKERJAAN 2017

Nggak nyangka bisa punya kartu peserta seleksi BUMN yang keisi full. 
Padahal biasanya cuma keisi sampai kolom kedua - ketiga aja :')

Hai hai!
Akhirnya saya balik lagi dengan postingan pengalaman seleksi kerja hehe. Sebelumnya mau cerita flashback dikit ya. Alhamdulillah bulan Maret 2017, setelah nganggur selama kurang lebih 10 bulan (dihitung mulai selesai sidang), akhirnya saya resmi bergabung di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor aluminium di Surabaya. Sengaja nggak saya publikasikan cerita seleksinya, kenapa ya, nggak tau, nggak pengen aja :) Mungkin karena di perusahaan itu ngerasa bersyukur banget bisa dapet kerjaan yang nggak muluk-muluk, tapi ngerasa cocok dan nyaman banget mulai dari sistem kerjanya, partner kerjanya, tapi mungkin bakal beda persepsi di pandangan orang lain. Jadi saya pengen keep sendiri aja tentang rejeki disana, yang jelas disana saya belajar banyak hal. Udah, gitu aja cerita flashbacknya.

Terus kenapa udah nyaman masih cari di tempat lain? Jawabannya, cuma pengen chase my goal. Saya memang nyaman disana, bahkan di perusahaan yang jadi tempat pertama saya bekerja malah saya udah punya pikiran ‘Aku nggak mau cari kerja lain kalau masih sama-sama swastanya. Kalau masih swasta lagi, mending aku disini aja, udah enak banget daripada capek jadi jobseeker lagi.’. Tapiiiii my job goal saya saat itu adalah bisa kerja di BUMN yang nggak harus di bidang arsitektur, tapi seenggaknya sedikit banyak masih bisa memanfaatkan ilmu arsitektur yang saya punya. Itu impian saya paling tinggi tentang pekerjaan. Eh sebenernya ada yang lebih tinggi sih, tapi yang lebih tinggi ini masih susah dijangkau, dan saya ngerasa dengan bekerja di BUMN bisa jadi langkah saya wujudin mimpi yang lebih tinggi. Ya gitu deh, jadi itu alasan kenapa saya masih terus mencoba daftar di segala perusahaan BUMN, dan pada akhirnya berjodoh di BPJS Ketenagakerjaan dengan posisi sesuai impian saya. Alhamdulillah.

Btw maaf ya, tetep aja ya aku kalau ngepost kepanjangan di prolognya.

Nah, udah deh sekarang langsung ke intinya, saya pengen cerita panjang lebar banget tentang pengalaman seleksi kerja di BPJS Ketenagakerjaan 2017. Mulai dari awal banget sampai lolos. Mungkin ini bakal jadi postingan terakhir tentang pengalaman seleksi kerja (?) Hhm, nggak tau deh. Yang jelas dua tahun ini pasti saya absen dulu dari lamar-melamar pekerjaan hehe. Okay cus!


1. Seleksi Administrasi

Cerita awalnya sih saya nggak tertarik (re: males-malesan) buat daftar, karena saya nggak tau kalo BPJS itu ternyata BUMN. Tapi akhirnya karena ada seseorang motivator pribadi *ceileh motivator pribadi* yang hobinya maksa dan nagih terus buat saya daftar BUMN, akhirnya mendaftarlah saya. Lupa pastinya kapan. Kalau nggak salah sekitar pertengahan Februari 2017, pokoknya sebelum saya dapet kerja. Soalnya inget banget waktu saya interview di perusahaan saya diterima kerja itu, saya ditanya HRDnya 'lagi daftar dimana aja?', dan saya jawab ‘Banyak banget, Bu. Saya nggak hafal. Tapi kalau yang lagi saya tunggu pengumumannya sih BPJS’.

Seleksi adminitrasi BPJS waktu itu via online. Jadi pendaftar harus bikin akun di web rekrutmen BPJS, terus nanti di web itu ada banyak form yang harus diisi. Kurang lebih sama kayak ngisi Curicullum Vitae gitu deh. Oiya, mulai dari pendaftaran awal di web itu udah harus langsung nentuin mau apply di posisi apa. Tenang aja nanti bakal ada penjelasan job desc tiap posisinya. Jadi nggak perlu takut salah pilih posisi. Setelah seleksi administrasi online, saya nunggu pengumuman lumayan lama. Saya bisa ngukur lama karena itu nunggunya udah sampai saya keterima kerja sekitar 1 bulan, sampai lupa kalau daftar di BPJS hehe. Tau-tau dapet sms dan email yang ngasih info ada pengumuman dan suruh buka web. Akhirnya saya buka web, Alhamdulillah lolos seleksi adminitrasi dan ada jadwal untuk tes selanjutnya.

2. Tes Online

Selanjutnya, tes online. Jadwal saya tes online waktu itu sekitar 1 minggu setelah keluar pengumuman. Eh tapi, waktu tes online, webnya trouble parah. Mungkin karena terlalu banyak pesertanya kali ya. Akhirnya seluruh peserta di reschedule untuk tes online. Nah nunggu reschedulenya ini juga lamaaa banget. Karena waktu trouble nggak langsung diumumin ganti jadwal kapan, tapi jeda sekitar seminggu baru ada pemberitahuan jadwal baru, terus nunggu lagi sesuai jadwal masing-masing. Pokoknya berasa proses paling panjang deh di bagian tes online ini.

Dan tiba waktunya tes online…
Menurut saya… lumayan susah. Nggak tau kenapa, mungkin karena soal-soalnya itu butuh konsentrasi tinggi dan saya ngerjainnya di kantor sambil sembunyi. Jadi antara mau konsentrasi tapi juga waswas takut ketahuan orang kantor (duh semoga temen kantor dulu nggak marah baca ini ya haha).

Soal tes online itu dibagi jadi beberapa bagian dan ada timer pengerjaan di tiap bagian. Saya lupa persis tesnya apa aja, seinget saya yang jelas ada tes verbal (cari sinonim, antonim, arti kata), tes hitung-hitungan, tes cari gambar (nentuin gambar selanjutnya yang cocok), tes cari kesimpulan (yang ada dua  pernyataan terus cari kesimpulannya), terus yang terakhir itu tes kepribadian (suruh milih salah satu yang paling sesuai sama kepribadian saya). Itu sih seinget saya.

Selesai tes online, nunggu lagi, sampai tiba-tiba dapet pengumuman lolos tes online dan lanjut ke confirmatory test.

3. Confirmatory Test

Oiya, dulu waktu seleksi adminitrasi, saya juga disuruh milih mau seleksi di kota mana. Ternyata fungsinya mulai dari confirmatory test ini. Jadi, seleksi BPJS Ketenagakerjaan 2017 ini dibagi di 8 kota seluruh Indonesia : Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Makassar, Medan, Pekanbaru, Palembang, Balikpapan. Nah, saya jelas pilih di Surabaya. Waktu itu lokasi tesnya di Gedung Empire Palace. Gila kan, kurang mewah apa nih tesnya di Empire Palace wkwk. Disini saya juga baru tau kalau tes BPJS ini memakai jasa konsultan psikologi dari LPT UI.

Confirmatory test ini inti sebenernya kayak tes online yang di-offline-kan. Jadi jenis soalnya hampir sama kayak tes online, dibagi jadi beberapa bagian juga, bagian per bagiannya juga persis, cuma soalnya aja yang agak beda. Paham kan ya maksudnya gimana. Jadi, jenis soalnya sama, tapi bunyi soalnya nggak sama 100%.

Selesai confirmatory test, disuruh nunggu pengumumannya malam itu juga, atau maksimal besok pagi. Kalau yang lolos bakal dapet sms dan email kayak pengumuman sebelumnya. Waktu itu saya tunggu sampai mau tidur juga belum dapet sms, yaudah saya anggep aja nggak lolos. Kebangun tengah malem juga lihat hp nggak ada sms, yaudahlah ikhlas ngga lolos. Eh paginya, saya bangun subuh udah dichat sama temen SMP saya yang ternyata sama-sama ikut tes. Dia bilang dia juga belum dapet pengumuman. Dan itu udah jam 5 pagi, yang kata panitianya kalau belum dapet pemberitahuan sampai pagi, pengumuman bakal ditempel langsung di tempat tes mulai jam 5. Saya yang awalnya udah mikir ikhlas nggak lolos, jadi ikutan penasaran lagi. Akhirnya saya dan temen saya berencana buat lihat pengumuman di tempat tes via gojek (karena rumah saya agak jauh dari tempat tes, dan temen saya nggak ada yang nganter).

Di tengah proses mau pesen gojek, saya baru inget kalau 'doi ehem ehem' kostnya di deket tempat test. Akhirnya saya minta tolong deh. Doi sampai di tempat tes sekitar jam 5.30 dan katanya belum ada pengumuman yang ditempel. Disana juga udah banyak banget yang nungguin, tapi memang kata satpam belum ada pengumuman. Akhirnya doi nungguin dulu disana. Eh nggak lama, temenku ngabarin kalau dia baru dapet sms dan dia lolos. Aku belum dapet sms apa-apa makin hopeless deh. Sekitar jam 6, pengumuman baru ditempel dan saya langsung ditelpon doi kalau saya lolos! Dan jadwal tes saya selanjutnya langsung jam 7 pagi itu juga! Parah nggak tuh pengumuman jam 6, dan saya langsung tes lagi jam 7. Saya langsung buru siap-siap antara percaya nggak percaya, karena waktu itu katanya padet banget jadi doi nggak bisa fotoin pengumumannya. Eh selang beberapa menit saya langsung dapet sms suruh buka pengumuman di web, dan bener saya lolos. Alhamdulillah. Dan bener juga jadwal tes saya langsung jam 7. Gilaaaa dah pokoknya. Untung ngebut dari rumah ke Empire cukup 10-15 menit. Nyampai deh di Empire lagi, jam 7 kurang, udah banyak peserta yang nunggu di depan gerbang super megah itu, tapi gedungnya masih tutup sampai jam 7 lebih. Hiks dibohongin. Udah buru-buru, mana belum makan sama sekali. Padahal tes selanjutnya psikotest, gimana caranya ngerjain psikotest sambil kelaperan. Akhirnya mau gofood roti Alfamart, eh tiba-tiba doi berangkat kerja mampir dulu nganterin makanan. Ah cintah!

4. Psikotest


Ini adalah tes yang makan waktu paling lama diantara serangkaian tes BPJS Ketenagakerjaan. Kalau nggak salah psikotestnya baru dimulai sekitar jam 8 lebih, dan baru selesai sekitar jam 2. Sekitar 5-6 jam itu tes non stop. Agak bersyukur sih dapet jadwal pagi walaupun harus buru-buru. Soalnya nggak kebayang yang dapet jadwal siang bakal ngerjain di jam-jam ngantuk dan baru selesai malem.
Soal tesnya sih udah jelas psikotest lengkap kayak biasanya, komplit dengan tes koran dan tes gambar. Selain psikotest lengkap itu, juga ada form (lupa nama formnya apa), yang isinya disuruh mendeskripsikan mulai dari siapa saya, kelebihan diri sendiri, kekurangan diri sendiri, sampai pengetahuan tentang BPJS dan tentang posisi yang dilamar.

Hasil psikotest + form ini yang bakal jadi bahan interview psikologis di tahap selanjutnya. Jadi hati-hati ya. Jangan sampai asal ngisi dan bikin jawaban saat interview  berbeda 180 derajat dibanding jawaban yang di form.

Setelah psikotest ini, diminta nunggu lagi kayak hari sebelumnya. Karena pengumuman juga bakal segera diumumin, dan kalau lolos langsung lanjut ke tahap FGD, verifikasi dokumen dan wawancara psikologis keesokan harinya. Alhamdulillah pengumuman yang psikotest ini nggak pake drama kayak sebelumnya, dan saya lolos ke tahap berikutnya.

5. Forum Discussion Group (FGD), Verifikasi Dokumen, dan Wawancara Psikologis

Sampai di tahap ini, peserta dari lokasi tes Surabaya masih tersisa sekitar 650 orang. Mungkin dipangkas 50% dari tes sebelumnya. Nah untuk yang tahap ini, tiga seleksi langsung dijadikan satu hari. Saya mulai sesuai urutan seleksinya ya.

- Verifikasi Dokumen
Setiap pengumuman yang muncul di web, selalu ada jadwal dan keperluan apa aja yang perlu dibawa saat tes. Sebenernya dari confirmatory test udah disuruh bawa berkas segala macem, kayak ijazah, SKCK, Surat Keterangan Bebas Narkotika, surat pernyataan bermaterai, dan segala macem. Tapi, semua berkas itu nggak pernah diminta atau dicek. Baru waktu verifikasi dokumen ini diingetin banget buat bawa berkas lengkap yang dibedain jadi dua amplop, amplop untuk dokumen asli dan amplop untuk dokumen copy.

Awalnya disuruh nyerahin seluruh berkas, yang asli dan yang copy. Berkas copy yang akan dibawa sebagai data BPJS, berkas asli sementara dikumpulkan tapi setelah selesai wawancara psikologis bakal dikembalikan. Lalu ada petugas yang meriksa kecocokan berkas copy dengan berkas asli. Jadi harus bener-bener diperhatikan ya setiap dokumen yang diintruksikan. Jangan sampai ada dokumen yang ketinggalan atau nggak dicopy. Itu bisa jadi kesalahan fatal di tahap verifikasi dokumen ini.

Pengumpulan berkas ini juga sekalian berkasnya mulai dibagi per psikolog. Jadi tiap psikolog megang 5-6 peserta yang nantinya bakal jadi satu grup FGD, dan wawancara psikologis juga bakal di wawancara oleh psikolog itu.

- Forum Discussion Group (FGD)
Setelah seluruh peserta selesai verifikasi dokumen, ruang FGD baru mulai dibuka dan semua peserta masuk bersamaan menuju meja psikolog masing-masing. Waktu itu kelompok saya berlima, dan semua namanya Atika. Haha pas banget kan.

Awal FGD, psikolog jelasin tata cara dan ketentuan FGD. Jadi kami dikasih selembar kertas yang isinya banyaaak sifat positif dan sifat negatif. Nah dalam waktu 5 menit pertama masing-masing orang disuruh nentuin 5 sifat positif yang dibutuhkan pegawai BPJSTK, dan 5 sifat negatif yang sebaiknya tidak dimiliki pegawai BPJSTK. Pemilihan 5 sifat itu harus diberi rangking, mulai dari yang paling sesuai sampai yang paling tidak sesuai.

Setelah merangking di kertas masing-masing, kemudian kami diberi waktu 15 menit untuk menyampaikan pendapat masing-masing pilihan, mendiskusikan dan menyepakati bersama hingga mendapatkan hasil diskusi mufakat berupa 5 sifat positif dan 5 sifat negatif. Dengan waktu 15 menit, kelompok saya baru berhasil menyepakati 5 sifat positif dan 2 sifat negatif.

Tips untuk FGD ini sebisa mungkin jangan terlalu dominan, jangan terlalu pasif dan jadilah yang berbeda supaya bisa mencuri perhatian psikolog. Waktu itu saya berada di posisi ke empat untuk berbicara. Namun karena waktu terlalu banyak habis saat teman di posisi pertama dan kedua menyampaikan pendapat, akhirnya teman di posisi ketiga mulai sedikit mensinkronkan pendapat-pendapat sebelumnya dengan pendapatnya sendiri. Dan saya di posisi keempatpun harus bisa lebih mensinkronkan, bukan dengan hanya menyampaikan pendapat pilihan saya pribadi. Begitu juga dengan teman di posisi kelima, dia malah sudah tidak mungkin menyampaikan pendapatnya sendiri, tapi harus memberi inisiatif untuk menarik kesimpulan agar saat waktu habis kelompok kami sudah mendapat hasil diskusi.

Menurut saya, yang perlu ditekankan saat FGD ini adalah saat berbicara dan berpendapat. Sebisa mungkin jangan mementingkan pendapat pribadi. Maksudnya, ini adalah diskusi kelompok, ada baiknya yang kita ungkapkan tidak mengulang apa yang sudah dianggap setuju dengan pendapat teman sebelumnya. Jadi cukup hanya mengungkapkan bahwa saya setuju dengan pemilihan sifat A, B, C. Nah, yang lebih baik ditonjolkan adalah pemilihan sifat yang belum teman lain sampaikan dan menurut kita itu penting diungkapkan. Tapi jangan asal pilih dan harus punya alasan kuat kenapa memilih sifat tersebut yang berbeda dengan teman lainnya. Disitu akan terasa tidak monoton dan dapat menarik perhatian psikolog.

Selain itu, jadilah inisiator, entah itu berinisiatif jadi moderator, notulen, timer atau lainnya. Saya sebenernya kurang paham ini berpengaruh dengan penilaian psikolog atau tidak, tapi menurut pengalaman senior yang pernah saya baca di blog, dan menurut pengalaman pribadi saya waktu tes, mungkin ini bisa jadi salah satu indikator penilaian psikolog. Waktu saya FGD tidak ada yang menjadi moderator, karena kesannya moderator sudah diambil alih oleh psikolog, dan khawatir jika asal menawarkan diri menjadi moderator akan terkesan dominan dan berambisi. Akhirnya saya mencoba berinisiatif menjadi notulen yang mencatat pendapat masing-masing teman. Entah ini jadi salah satu yang membantu saya bisa lolos atau tidak, silahkan dicoba aja hehe.

- Wawancara Psikologis
Setelah FGD selesai, semua peserta diminta untuk keluar dan akan dipanggil satu persatu untuk diinterview oleh psikolog. Menurut saya interview psikologisnya BPJS ini lumayan ‘mantab’. Saya berasa dikorek abis-abisan, yang paling jadi poin sih tentang kelebihan dan kekurangan diri, pengetahuan tentang jobdesc, dan kesesuaian posisi yang kita lamar. Disini hampir setiap pertanyaan yang diajuin psikolog bakal bikin bengong dan speechless, ya sedikit merasa dijebak sih. Malah saya sempet ngerasa pesimis nggak bakal lolos gara-gara inget psikolog sampai tanya gini, 'terus apa dong kekuranganmu?', saking tiap psikolog berusaha ngungkap segala kekurangan saya tapi saya jawab dengan alasan positif di balik kekurangan-kekurangan itu. Tapi karena ditanya kayak gitu, saya jadi kepikiran dan takut dianggep over confidence sampai nggak bisa nunjukkin punya kekurangan apa.

Dibalik semua itu, masih tergolong wajar kok interviewnya. Maksudnya nggak serem-serem banget. Wajar pasti namanya interview psikologis bakal mainin psikologis banget buat ngetest seberapa oke kita bisa berpendapat dan dilihat gimana kita dalam menghadapi suatu hal. Yang penting santai dan tetep sopan aja. Sebisa mungkin sepanjang interview dibuat nyaman, jawab semua pertanyaan dengan jujur, logis dan pede, dibuat kayak ngobrol aja, biar psikolognya juga nyaman nginterview kita.


Selesai ketiga tahap itu, peserta diminta foto satu persatu dengan standing banner BPJS Ketenagakerjaan, lalu ambil dokumen asli, lalu pulang.

Kalau sebelumnya tahap confirmatory test sampai interview user dilaksanakan langsung dalam tiga hari, untuk nunggu pengumuman menuju FGD dan interview user ini nunggu lumayan lama. Sekitar 1 bulan lebih, karena waktu itu kepotong bulan puasa. Jadi pengumuman baru keluar akhir-akhir bulan puasa. Alhamdulillah saya lolos lagi. Luar biasa rasanya. Mulai deg-degan karena udah masuk tahap akhir hehe.

6. Medical Checkup dan Interview User

Sampai di tahap ini katanya yang lolos di regional Surabaya sekitar 180 orang. Berarti dari tes sebelumnya lumayan banyak banget dipangkasnya. Tes tahap ini dibedakan jadi dua hari. Hari pertama MCU, hari kedua interview user.

- Medical Check Up (MCU)
Entah kenapa diantara seluruh tes BPJS, bagian yang paling bikin saya takut adalah tes MCU ini. Mungkin karena saya ngerasa yang namanya tes kesehatan itu tes yang nggak bisa diprediksi. Saya nggak tau ada kemungkinan penyakit di dalam tubuh yang selama ini nggak diketahui, terus bakal kebaca di hasil MCU nanti. Udah parno duluan pokoknya. Akhirnya untuk meminimalisir rasa khawatir, saya lakuin usaha yang harapannya bisa jadi penolong saya lolos MCU. Dalam waktu sekitar 2 minggu, saya berusaha hidup agak sehat. Agak sehat, karena emang nggak sehat-sehat banget sebenernya wkwk. Yang saya lakuin waktu itu :

> jogging tiap pagi (padahal joggingnya cuma seimprit, sisanya jalan)
> abis jalan pagi, langsung sit up + yoga simple
Dua poin di atas sebenernya cuma bikin keringetan dikit, tapi seenggaknya badan saya yang udah lama nggak olahraga ini nggak kaku dan agak macu organ dalam dikit aja.

> scaling + tambal gigi
Karena dari info yang saya dapet bakal ada pemeriksaan gigi, saya mengantisipasi dengan benerin gigi. Katanya gigi harus bersih dari karang dan gigi bolong nggak boleh lebih dari satu. Jadi rela deh bayar dokter gigi mahal demi gigi bersih. Alhamdulillah nggak sia-sia, rasanya seneng banget di lembar hasil periksa gigi ditulis gigi saya bebas karang dan nggak ada yang bolong.

> minum degan ijo
> minum susu bear brand
Nah dua poin di atas sebenernya yang saya andalin banget buat detox. Karena kan saya khawatir dari makanan minuman yang saya konsumsi selama ini nggak tau di dalam organ tubuh bakal jadi apa. Terus asap-asap rokok dan polusi di jalan yang tiap hari saya hirup bakal jadi efek apa ke paru-paru. Akhirnya buat ngelunturin semua racun dan teman-temannya yang sudah terlanjur masuk dalam tubuh, saya berharap banget ke degan ijo. Walaupun nggak sering karena harganya mahal, saya cuma minum degan ijo 1-2x seminggu.
Kalau susu Bear Brand, saya cuma minum sekali, karena saya nggak suka minum susu. Ditambah lagi baca artikel di Kaskus, kalau susu Bear Brand itu ngefek kalau diminum rutin dalam jangka waktu lama. Kalau cuma diminum sekali-sekali dan dalam waktu pendek ya nggak ada efeknya. Sebenernya itu cuma pembelaan saya yang nggak suka susu sih hehe.

> minum air putih sebanyak-banyaknya
Ini niiihh bagian tersulit di persiapan MCU. Saya orang yang susah banget minum. Dalam sehari, saya cuma minum tiap makan aja. Parah kan. Saya sampai udah bosen dimarahin orang-orang, saya juga khawatir sama ginjal saya, tapi ya gimana, mau minum banyak dikit malah kembung pengen muntah. Tapi karena MCU ini ada tes urinenya, saya nggak mau hasil tes urine saya kacau karena kurang minum. Akhirnya saya paksa diri buat banyak minum. Tiap di kantor saya harus habis minum 5 botol, sampai bosen bolak-balik kamar mandi karena pipis terus nggak kebiasaan minum banyak.

> makan wortel mentah
Udah tau kan ya, pasti tujuan makan wortel ini buat mata. Karena ada tes mata, dan mata saya minus 0,25 – 0,5, jadi ya berusaha dikit deh siapa tau minusnya jadi berkurang hehe. Tapi sedihnya mendekati hari tes malah mata saya kerasa capek dan lebih burem. Eh pas MCU malah saya nggak terdeteksi minus. Normal. Ajaib banget.

Nah itu sharing persiapan saya buat MCU, sekarang saya mau kasih tau bocoran di MCU BPJSTK 2017 apa aja yang di tes. Banyak! Bener-bener MCU komplit kayaknya. Katanya sih kalau kita mau MCU kayak gini dengan biaya pribadi itu bakal habis sekitar 500ribu.

MCU BPJSTK 2017 Regional Surabaya dilaksanakan di E-Labs Telkomedika daerah Ketintang. Jadwal tes jam 8, tapi sebelum jam 8 udah dimulai pendaftaran. Jadi MCU ini nggak ada urutannya. Siapa pinter nyerobot, dia duluan. Nggak ding hehe. Ya pokoknya kesadaran diri aja siapa duluan, terus mana yang lagi kosong ya mending ke bagian itu dulu. Kalau bisa dateng pagi aja, biar cepet daftar, cepet selesai. Tesnya ada 7 macem (kayak di gambar, tanpa spirometri, pendaftaran nggak dihitung). Aku pengen kasih gambaran satu persatu ya.



~ Pendaftaran
Daftar ke petugas labnya sambil nunjukkin kartu peserta dan sekalian tanda tangan absen. Di pendaftaran saya dapet map isinya beberapa form dan stiker nama saya untuk ditempel di tabung-tabung pemeriksaan.

~ Darah
Ambil darah kayak biasanya. Nah tapi siap-siap buat yang cewek. Kalau pas tes darah lagi mens, biasanya ada kemungkinan bakal disuruh balik lagi beberapa hari kemudian buat tes darah ulang.

~ Urine
Waktu tes darah selesai, petugas tes darah bakal ngasih tabung kecil yang sudah ada nama masing-masing perserta buat tempat urine. Jadi kita ke kamar mandi sendiri, pipis, terus tabung yang udah keisi urine langsung ditaruh di nampan depan kamar mandi yang nanti bakal diambil petugas.

~ ECG
ECG ini tes pemeriksaan jantung. Jadi begitu masuk ruangan, disuruh buka pakaian atas. Nggak sampai dicopot sih, jadi semua atasan luar dalem aja dinaikkan ke leher. Lalu dada, pergelangan tangan dan pergelangan kaki diolesi semacam lotion gitu, nggak tau lotion apa. Terus mulai dipasang alat-alat rekam jantung. Di bagian dada ditempel alat rekam jantung yang bunder-bunder ada kabelnya itu, terus bagian kaki dijepit pakai penjepit besar yang ada kabelnya juga. Selama alat bekerja, kita nggak boleh gerak sama sekali dan berusaha nafas normal kayak biasanya. Waktu alat bekerja, detak jantung kita kayak di scan dan hasilnya langsung keluar berupa kertas yang udah ada gambar irama detak jantung kita.

~ Fisik Dokter
Ini bagian pemeriksaan yang antrinya lama subhanallah. Form yang dikasih waktu pendaftaran itu diisinya waktu bagian pemeriksaan fisik ini. Ini form yang dipakai waktu saya MCU.



Oiya jadi setelah pendaftaran, peserta langsung ke bagian pemeriksaan tinggi, berat dan lingkar perut. Pemeriksaan berat, tinggi dan lingkar perut sebenernya termasuk di bagian fisik dokter, tapi karena alatnya ada di luar, jadi didahulukan pemeriksaan berat, tinggi dan lingkar perut setelah pendaftaran. Pemeriksaan fisik dokter lainnya masuk ke dalam ruang USG. Udah keliatan di form kan ya, yang diperiksa itu banyak banget, makanya satu orang masuk aja lama banget selesainya.

Saya masuk langsung disambut dokternya (cuma fisik dokter yang diperiksa langsung dokter, lainnya diperiksa pegawai lab). Saya duduk dan langsung diintrogasi tentang riwayat penyakit, riwayat opname, dan riwayat penyakit orang tua. Setelah itu, diperiksa gigi dan diperhatikan bentuk dan kesimetrisan bentuk wajah, mulai dari kulit, mata, hidung, bibir. Terus karena saya pakai kerudung, disuruh lepas kerudung untuk melihat leher dan telinga. Setelah itu, lagi-lagi diminta untuk tiduran dan menaikkan seluruh pakaian atasan ke leher. Disitu payudara dan perut diperiksa, dokternya meraba untuk mendeteksi adanya tumor atau penyakit di payudara dan perut. Selesai itu, gantian disuruh nurunin bawahan dan diminta menghadap tembok membelakangi dokter. Yap, tusbol. Ini pengalaman pertama saya. Walaupun sebelumnya udah tau bakal ada tusbol, tapi tetep aja shock.

~ Visus Mata
Sama seperti tes mata biasanya, di pemeriksaan visus mata ini saya disuruh pakai kacamata dan disuruh baca seluruh huruf di layar, mulai yang paling besar sampai paling kecil. Ajaibnya disini saya bisa baca jelas semua huruf, dan hasil pemeriksaan mata saya normal. Padahal sebenernya saya ada minus 0.25 – 0.5.

~ Thorax
Tes thorax ini semacam tes radiologi. Masuk ke ruangan radiologi, saya diminta melepas seluruh atasan luar maupun dalam, dan ganti memakai handuk baju yang sudah disediakan lab. Kemudian ruangan dikosongkan dan menunggu giliran di luar ruangan. Saat giliran saya, saya masuk dan diarahkan pegawai untuk berdiri menghadap sebuah alat scan besar, badan bagian depan saya ditempelkan pada alat itu. Kemudian petugas keluar, dan saya ditinggal sendiri di dalam ruangan itu. Saat alat dijalankan dalam beberapa detik, saya disuruh menahan nafas. Ternyata alat itu berfungsi untuk memfoto organ dalam dengan radiasi yang cukup tinggi.

~ Audiometri
Menurut saya, tes audiometri ini tes paling simple diantara yang lainnya. Karena saya cuma disuruh masuk ke dalam box hitam yang kedap suara, kemudian disuruh memakai headphone dan memegang stick bertombol. Saat tes dimulai, akan ada petugas dari luar ruangan yang memencetkan nada. Setiap ada nada yang terdengar di headphone, saya harus memencet tombol. Nada mulai dari rendah sampai tinggi, dan bergantian telinga kanan dan kiri.


MCU ini tidak harus berurutan sesuai daftar di form. Jadi boleh acak terserah mau tes di ruang mana aja yang lagi kosong. Saya termasuk peserta yang selesainya cukup lama karena terhalang antri di pemeriksaan fisik dokter. Saya baru selesai seluruh tes hampir jam 12. Jadi saran buat yang mau MCU, lebih baik pemeriksaan fisik dokter diambil di awal aja biar nggak antri terlalu banyak.

- Interview User
Alhamdulillah ini tes terakhir dalam rangkaian panjang tes BPJSTK 2017. Nggak nyangka saya bisa sampai di tahap ini. Interview user regional Surabaya ini dilaksanakan di Hotel Mercure Darmo Surabaya. Sebelum interview, yang harus diperhatikan adalah kita harus yakin dan siap dengan segala pengetahuan tentang BPJS. Nggak usah detail-detail banget sih, cuma seenggaknya kita nggak blank  tentang BPJS dan posisi yang dilamar. Itu penting.

Selain itu, yang nggak kalah pentingnya, penampilan. Saya nggak ngerti ini efeknya gimana, tapi menurut saya, dengan kita berpenampilan rapi, bersih, seger bakal bikin lawan bicara kita juga seneng ngeliat kita. Buat yang cewek, diusahakan pakai make up. Nggak usah menor, tapi juga jangan polos banget. Ya pokoknya tiap orang bakal lebih ngerti dirinya sendiri, gimana dia bakal keliatan seger, gimana bakal keliatan kucel. Udah itu aja sih, intinya kan kita mau diseleksi oleh orang-orang penting perusahaan yang kita lamar. Jadi harus berusaha tampil terbaik dan jangan asal-asalan.

Kalau tentang sistem interviewnya, waktu saya datang langsung disuruh ke meja administrasi buat tanda tangan dan ngecek kartu peserta. Disitu udah ada daftar tiap peserta akan diinterview meja nomor berapa. Setelah itu duduk nunggu sampai dipanggil nomor mejanya. Begitu dipanggil, masuk deh ke ruangan super mewah yang sudah ditata meja dan kursi untuk interview.

Untuk pewawancaranya sih katanya tiap peserta bakal diwawancara 2-3 orang kepala bagian. Kebetulan waktu itu saya dapet dua pewawancara dari Bapak Kepala SDM BPJSTK Bagian Timur dan Ibu Kepala TI BPJSTK Bagian Timur. Kalau nggak salah sih. Namanya juga saya lupa huhu. Pokoknya saya inget keduanya megang wilayah Timur (Bali, Nusa Tenggara, Papua, dkk).

Waktu interview dibatasi sekitar 45-60 menit. Lama, kan? Abis-abisin dah itu sejam diinterogasi wkwk. Enggak siiihh bercanda. Tapi emang yang dibahas banyak banget. Mulai saya disuruh menceritakan tentang diri saya, kemudian dari cerita itu bakal diambil beberapa pertanyaan. Misal tentang pengalaman organisasi, apa yang didapet dari sana, tentang kuliah, tentang pekerjaan, sampai masuk ke bagian posisi yang saya lamar. Yang paling penting disini adalah kita bisa mensinkronkan semua yang kita ceritakan. Jadi emang harus ada korelasi yang meyakinkan berhubungan dengan posisi yang dilamar dan pengalaman + sifat yang kita punya.

Apalagi saya yang lulusan Arsitektur, tiba-tiba lamar ke BPJSTK posisi Penata Madya Umum, dari wawancara psikologis aja udah digali dalem banget tentang alasan saya ini haha. Tapi emang disitu poinnya saya harus punya korelasi dan cerita untuk dapet benang merah yang meyakinkan pewawancara.

Udah selesai interview, sebelum pamit dibacain dulu syarat-syarat dan ketentuan kesediaan kalau diterima jadi pegawai BPJSTK. Sama kayak surat pernyataan yang pernah di tanda tangan bermaterai sih, yang tentang nggak boleh nikah setahun, bersedia ditempatkan dimana aja, tahan ijazah, nggak boleh resign 2 tahun, denda penalti dan segala macem.

Selesai deh. Oiya jangan lupa di awal ketemu dan di akhir pamit selalu salam, senyum, sapa. Penting banget.

Nunggu pengumuman lagi sekitar 1 bulan, dan tepat di tanggal 17 Agustus 2017 pengumuman keluar, Alhamdulillah saya lolos lagi! Udah nggak ngerti lagi mau seneng kayak gimana. Mau seneng tapi rasanya masih kayak shock bisa dapetin mimpi saya lewat perjuangan yang super panjang.

7. OPK (Orientasi Persiapan Kerja)

Waktu pengumuman tanggal 17 Agustus itu nggak langsung keluar jadwal OPK. Cuma ada keterangan OPK bakal diadain antara bulan September – November, dengan lama OPK 15 hari tiap gelombang. Selang seminggu baru jadwal keluar. Dari seluruh peserta yang diterima di seluruh Indonesia, dibagi jadi 6 gelombang. Alhamdulillah saya dapet gelombang kedua yang bakal OPK tanggal 15-30 September. Pas banget, nggak terlalu cepet, tapi juga nggak bikin lama nunggu giliran hehe. OPKnya nanti bakal dilaksanakan di Gedung Learning Centre BPJS, Bogor. Selama 15 hari peserta di karantina dan seluruh kebutuhan ditanggung BPJS. Tapi akomodasi tiket pulang pergi dari tiap daerah tetep ditanggung sendiri.

Flash info about OPK
(bagian ini dibuat setelah merasakan OPK hehe)

Kenapa flash info? Emang nggak kepengen banyak-banyak kasih bocoran tentang OPK, biar surprise. Jadi saya cuma kasih poin-poin informasi tentang BPJSTK, tentang OPK yang saya jalani, atau tips buat kalian yang mau OPK. Pokoknya yang menurut saya masih netral (nggak merusak persepsi tentang OPK BPJSTK) aja yaaa :)

Info umum :
  1. Dari OPK, saya baru tau kalau BPJS Ketenagakerjaan bukan BUMN. Tapi masuk kategori badan hukum publik. Apa bedanya? Badan hukum publik itu langsung dibawah presiden, jadi tugas kita turunnya langsung dari presiden, bukan dibawah kementerian BUMN. Simpelnya, ambil contoh aja BI atau KPK, nah BPJS Ketenagakerjaan sekelas itu.
  2. Yang membanggakan, di rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan 2017 ini saya bisa jadi salah satu diantara 800-an orang yang diterima, dan sudah mengalahkan sekitar 170.000 pendaftar lainnya. Still can’t believe I’m here right now :’)

Info & tips buat yang mau OPK :
  1. Biaya transportasi OPK nggak ditanggung BPJS Ketenagakerjaan.
  2. OPK nggak digaji. Sedikitpun. Jangan ngarep ya, gan, sis hehe.
  3. Tapi tenang, selama di Learning Centre.... wah hidup serba mantab mewah terjamin deh. Makan, tidur, pelayanan segala macem. Tapi ada syaratnya, harus enjoy ya :)
  4. Siapkan fisik dan mental. Jangan kaget. Karena disana bakal ngerasain tiap menit sangat berharga.
  5. Nggak usah bawa baju bebas banyak-banyak.
  6. Kalau mau bawa baju lebih, lebihin baju putih sama celana/rok hitam aja. Tapi nggak usah dilebihin juga nggak masalah, di Learning Centre disediakan laundry sehari jadi.
  7. Bawa sepatu olahraga 2 pasang (ini penting menurut saya, karena banyak korban sepatu rusak hehe).
  8. Bawa madu, buat jaga daya tahan tubuh. Atau buat yang gampang drop, harus dibawa obatnya!
  9. Boleh bawa handphone. Yang penting tau kapan boleh dipakai, kapan nggak boleh dipakai.
  10. OPK masih ada sistem gugurnya. Ya walaupun kenyataan di gelombang saya lolos semua, tapi katanya sih yang dulu sempet ada yang nggak lolos karena bener-bener parah melanggar aturan, kayak ketahuan ngerokok atau disamperin keluarga selama OPK. Jadi hati-hati dan jangan remehin aturan.
  11. Di tengah ke-hectic-an kegiatan OPK, ada sekitar 3-4 kali ujian, dan tiap ujian ada 2-3 materi yang diujikan. Jangan khawatir ujiannya ngaruh ke penilaian sistem gugur, karena tiap ujian selalu ada remidi. Tapi kalau bisa ya jangan sampai remidi, karena rangkingnya nanti pengaruh ke lokasi penempatan (katanya sih).
  12. Banyak berdoa dapet jadwal OPK gelombang tengah-tengah aja hehe. Soalnya kalau dapet jadwal awal kayak saya, jadinya kelamaan nganggur nunggu pengumuman. Tapi kalau gelombang-gelombang terakhir juga terlalu mepet sama pengumuman penempatan, atau malah ikut penempatan kloter berikutnya.
  13. Tips terakhir......... Enjoy it! Bagaimanapun rasa dan kesan OPK yang nanti kalian jalani, dijamin selesai OPK bakal susah move on hehe. Dan yang perlu kalian tau, apa yang dirasakan di OPK itu belum ada apa-apanya dibanding OJT. Jadi nikmati dan bersyukurlah :)

Segitu dulu deh info dan tipsnya hehe. Sebenernya kalau mau ngomongin tentang OPK itu banyaaaaaakk banget ceritanya, tapi sayangnya saya nggak mau share banyak-banyak khusus tentang OPK :)
Tapi kalau kalian mau tanya-tanya tentang BPJS Ketenagakerjaan atau info OPK secara umum, atau tentang seleksi bagian manapun yang belum saya ceritakan disini, boleh deh tanya di kolom komen. Tapi saya juga nggak janji bisa jawab semua ya. Mungkin ada yang udah lupa, atau emang nggak boleh dishare, jadi saya bakal jawab sebisanya aja okaaayy.

Udah segitu dulu ya. Ini udah panjang banget banget banget. Semoga bermanfaat buat peserta calon pegawai BPJSTK selanjutnya.
Fyi, saya menjalani tes BPJSTK ini setelah banyak kali (ada mungkin 100 perusahaan lebih) gagal di tes kerja lainnya, BUMN dan non BUMN. Dan proses seleksi BPJSTK 2017 ini juga memakan waktu saya selama kurang lebih 9 bulan (total dari awal daftar sampai pengumuman penempatan).
Jadiiii, tetep semangat yang lagi ngejar mimpi kerja di BUMN atau non BUMN, dan khususnya yang berjuang ke BPJSTK. Sesuatu yang luar biasa memang butuh perjuangan yang luar biasa juga. Jangan menyerah dan jangan capek ngikutin tiap step yang udah Tuhan tentukan.

Sekian. Maafkan isinya kebanyakan curhat hehe. Semoga semua lancar. Thank you and bhabay!

Please kindly check video version of my Pengalaman Rekrutmen BPJS Ketenagakerjaan 2017 : https://youtu.be/rdn4vAc05rE

209 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Kak, syarat kesehatan mata gaboleh minus kah ? Soalnya saya minus gede 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok. Di mcu emang ada tes mata, tp ga tau jd pertimbangan atau ga. Kenyataannya temen2 yg matanya minus jg tetep banyak yg lolos kok.

      Delete
    2. Assalamualikum kak, kak kalo boleh tau rata rata temen kk minus ny berapa ya? Terus waktu mcu itu yg tes mata sebaikny pakai kacamata atau lensa ya kak, soalny saya terbiasa pakai lensa
      Terimakasi kak 😊

      Delete
  3. Setelah rest online berpa hari keluar pengumuman nya ya? Lolos tidaknya di email gak ya?
    Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Brp hari pengumumannya aku udah lupa. Tp kalo tahun lalu, dr awal daftar udah ada tabel jadwal tes yg isinya tahap tesnya apa aja + perkiraan jadwal tesnya kapan. Jd dulu pedomannya itu sih, bisa ngira2 sendiri pengumumannya kapan. Kalo skrg kyknya ga ada ya? Jd ditunggu aja :)
      Nanti yg dpt email + sms cuma yg lolos aja

      Delete
  4. Petanyaan yang sama dengan kak Samelalali. Lalu, apakah pengumuman test online via email atau sms, mencakup yang diterima/tidak?

    Mohon infonya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua tes nanti yg dpt email/sms cuma yg lolos aja, yg ga lolos ga dapet :) tp amannya nanti tetep cek web aja, soalnya pengumuman resminya dr web

      Delete
  5. Akhirnya kaka penempatan dimana ?

    ReplyDelete
  6. Sebelumnya selamat ya kak..

    Mau tanya nih kak, kalo untuk posisi PMU, itu posisinya di jabarkan lagi jadi beberapa posisi atau gimana ya kak? Dan jobdesknya itu seperti apa ya kak?

    Kalo punya ambeien, ada harapan untuk lulus ga kak di tahap MCU kak?

    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo PMU itu udah 1 posisi di dalem bidang umum. Tp nanti SK penempatan ga selalu sesuai yg kita daftar kok. Bisa jd berubah atau tetep, menyesuaikan kebutuhan tiap cabang. Kalo PMU sih jobdescnya yg berhubungan sama pengadaan barang jasa, arsip, aset, kyk gt.

      Kalo ttg MCU sih kmrn jg ada temenku yg ambeien alhamdulillah lolos :)

      Delete
    2. Terimakasih info nya kak..

      Kalo untuk psikotes nya sendiri kayak wartegg dan gbr pohon/org, apa salah apabila terpaku dari buku TPA/internet?

      Delete
    3. Wah aku ga tau ya salah benernya, aku ga ikut ngenilai soalnya hehe. Malah aku kalo psikotest gambarnya selalu ngikutin tips n trick dr internet :')

      Delete
    4. hehe iya mbak.. Dari pengalaman mbak tahun kemarin, urutan gbr wartegg setelah digbr, mbak buat berurutan atau gimana mbak?
      Sbg referensi mbak dan mengoreksi diri karna gagal di tahap ini tahun kemarin..
      🙏

      Delete
    5. Kalo aku gambar warteg emang ga pernah urut, trs baca di internet jg katanya jgn urut biar ga terkesan kaku orangnya hehe

      Delete
    6. ohh gitu ya mbak, kalo boleh tau mbak gbr pohon apa ya pas test kemarin?

      Delete
  7. kak mau tanya, apa bener ijazahnya ditahan? kalo iyaa, kira2 ditahan sampe brapa lama yaa?

    ReplyDelete
  8. Owalah gigi bolong ga bisa toh..! ,Hadeeh saya bolong gy..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di form mcu emang ada penilaian gigi bolong sih. Tp kyknya kalo ga parah2 bgt gapapa

      Delete
    2. Kak, gigi saya bolong huhu ada 2 kalau gasalah. bisa ga ya?

      Delete
  9. Gigi saya gada yg bolong. Tp ada sisa cuma akar doang di gusi *giginya jadi serata sama gusi gt*, kmarin ke dokter gigi A mau cabut aja krn pernah kumat, dokter nya kekeh masi bs di tempel gigi palsu dan rawat akar,sy kekeh minta cabut, tp beliau kekeh nawarin gigi palsu. Pindah ke dokter B, di foto giginya, trnyata akarnya bengkok jd ga bisa di cabut, di goyang, dikikis jg sama. Kuat bener akar nya. Dokternya yg give up. Ada sekitar 3 gigi. Geraham semua. Itu gimana kira2 mba? Trmasuk pengurangan poin dong ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh maaf ya kalo penilaian detail gt aku ga seberapa tau. Tergantung dokternya yg ngenilai waktu mcu + keputusan tim rekrutmen

      Delete
  10. Jadi OPK itu belum tentu diterima ya? Kalo posisi sekarang sudah kerja berarti harus resign setelah OPK ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya OPK itu masih termasuk tahap seleksi, jd ga boleh sepelein krn msh ada kemungkinan ga lolos atau nentuin nanti dpt penempatan di posisi/cabang mana. Kalo urusan resign itu balik ke keputusan pribadi masing2, ada yg sebelum ada yg sesudah OPK

      Delete
  11. selama OPK kaka resigndari tempat kerja sebelumnya atau ambil cuti ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku udah resign dr sebelum OPK, krn aku mikir ga mungkin ijin dr kantor sampe 2 minggu dan aku blm dpt jatah cuti. Tp resikonya ya jadi nganggur selama nunggu pengumuman penempatan

      Delete
    2. Kira2 nganggurnya ada berapa lama ya kak?

      Delete
    3. Sekitar 1.5 bulan mulai dr selesai opk sampai pengumuman penempatan

      Delete
  12. Maaf mau tanya, disini udah ada yg dpt notifikasi hasil test seleksi online kemarin ga? :)

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Berapa range gajinya?

    ReplyDelete
  15. Gigi sangat berpengaruh kah kak..soalnya gigi saya 2 tambalan dan satu udh dicabut jd total ada 3 yg bermasalah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua sama, ga ada yg paling pengaruh, jadi ga usah konsen ke gigi aja, tp mending menyeluruh. Asalkan ga parah banget, insyaAllah gapapa. Sekalipun parah, masih ada penilaian lain, bisa aja kita angkat kelebihan dr yg lain :)

      Delete
    2. Ka saya mau tanya kalo pengumuman tes confirmatory lewat web?

      Delete
    3. Semua pengumuman dishare via sms/email masing-masing. Setelah itu bisa dicek di web. Boleh aja dicek berkala ke web utk memastikan lulus atau engga :)

      Delete
  16. mba selamat ya,
    mau nanya dong mba klo sedang opk tp status kita dr blm mnikah mnjadi mnikah apakah itu bakal gugur jg ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar gugur. Soalnya di surat penyataan udah disebutin kalo yg lolos bersedia kontrak tidak menikah selama 1 tahun.

      Delete
    2. Ka kalo pengumuman tes confirmatory lewat web? Atau hanya email Dan SMS?

      Delete
  17. Kak dari tahap LGD dan wawancara psikolog ke tahap wanser dan medical check up itu yg diambil berapa ya? Terus dari tahap mcu ke opk berapa lagi yg disaring? Yg kakak tau biasanya pada tahap mcu bagian pemeriksaan apa ya peserta ada yg tidak lolos? Maaf ya kak banyak tanya hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tentang berapa yg disaring itu kebijakan dr panitia. Kalo periodeku tahun lalu, dr LGD ke wanser dipangkasnya lebih dari 50%. Dari wanser ke opk dipangkas sekitar 50%. Tapi itu pasti menyesuaikan jumlah peserta di tiap kota juga, setauku tiap kota beda2.
      Kalo MCU ga lolosnya krn apa jujur aku ga tau. Krn hasil MCUnya kyk gimanapun ga ada satupun peserta yg tau. Jadi yg penting siapin aja kondisinya :)

      Delete
    2. berarti dari LGD ke wanser udah 50:50 ya perbandingannya?. kalau boleh tau u/ tahun lalu yang paling banyak di terima untuk posisi apa ya kak?

      Delete
  18. Untuk mcu, kalo minusnya banyak pengaruh tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya aku kurang tau. Tp kyknya ga seberapa pengaruh kalo emang itu dianggap ga ganggu dan hasil yang lainnya pun bagus. Soalnya temen kantorku jg ada yg beberapa minus besar banget.

      Delete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Kak, saya mau bertanya seputar bpjstk, kalau berkenan boleh tahu email kakak?

    Terimakasih

    ReplyDelete
  21. kak, terimakasih atas info yang saat bermanfaaat.. sempet penasaran kalau cewek apa d tus*** waktu mcu. terjawab sudah :D. kak mau tanya, setelah opk dan percobaan di jadwalnya d tulis september-nov 2018. apa setelah selesai masa percobaan itu menganggur menunggu pengumuman sampai tahun depan atau masih lanjut masa percobaan ? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Percobaan itu maksudnya sama kyk opk ga ya? Hehe aku kurang paham maksudnya percobaan. Jd pertama ada opk, setelah opk nganggur dulu nunggu pengumuman penempatan. Kalo udah penempatan, lgsg ojt (mgkn ini yg dimaksud percobaan) selama 1 tahun, itu maksudnya udah kerja tp blm pegawai tetap. Setelah ojt 1 tahun langsung pengangkatan tanpa nganggur lg.

      Delete
  22. kak, thankyou blognya membantu sekali. :"") karena jarang ada yg nulis rinci sekali spt ini hehe.
    kak aku mau nanya dong, sepengetahuan kakak saat OPK ada ngga sih yg obesitas? karena sy skrg lolos medical check up dan ga PD banget sm berat badan karena termasuk obesitas walaupun skrg msh lg berusaha menurunkan berat badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tingkat obesitasnya seberapa dulu nih. Sepengamatanku sih, seleksi bpjstk itu ga cari dr fisik yg perfect kok. Kalo dibilang hrs kurus, tinggi, cakep, ga sama sekali. Bener2 macem2 yg diterima, termasuk yg ga kurus jg banyak. Jd pede aja, yg penting dibagusin inner beautynya aja :)

      Delete
  23. Assalamualaikum kak, kak saya mau naya soal tes mata, disalah satu komen kk bilang bayak temen kk yg lulus walau mata minusny tinggi, tingginy kira kira berapa ya kak? Terus juga saya biasanya hari hari pakai lensa daripada kacamata sebaiknya waktu tes pakai lensa atau kacamata y? Terimakasi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhm kalo waktu tes aku ga tau ya paling gede minusnya berapa. Tp di kantorku ada beberapa yg minusnya sampe sekitar 6. Kalo menurutku buat MCU mending pake kacamata, soalnya biar ga ribet waktu tes mata. Tp kalo buat tes lain sih bebas, lebih pede gimana itu aja yg dipake :)

      Delete
    2. Makasi kak buat pencerahanya yaa 😊

      Delete
  24. Di test kesehatan apa ada pemeriksaan menegenati VARISES ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku lupa deh kalo varises. Seharusnya sih ada di pemeriksaan fisik, tp aku beneran lupa dicek ga waktu itu

      Delete
  25. Selamat pagi mbak. Mbak saya mau tanya bisakah? Saya kan udah sampe tahap FGD sama Wawancara psikologis di BPJS Ketenagakerjaan. Dan alhamdulillah dinyatakan lolos. Dan untuk menuju MCU saya ada liat surat pernyataan baru yg dikirim lagi oleh BPJS. Disana salah satunya tercantum terkait masa pensiun untuk minimal pendidikan D3 adalah 36 tahun. Brati pas kebetulan Penata Madya Umum yang minimal pendidikan D3 masa pensiunnya 36 tahun dong kak? Mohon pencerahannya kakak yang udah diterima ya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap. Emang ada peraturan dr BPJSTK utk posisi Penata Madya + Customer Service ada masa pensiun di umur 36 tahun. Tp ga usah dipikir dulu deh itu. Dipikir yg penting lolos dulu hehe. Soalnya nanti di umur 32 udah mulai bisa ikut tes perpanjangan masa pensiun. Lagian di BPJSTK kerjaan ga selamanya di posisi itu, besar bgt kemungkinan dimutasi, bisa minta promosi jg, atau penyesuain grade jg, jd itu dipikir nanti aja deh hehe

      Delete
    2. Ok kak. Makasih infonya sangat membantu :)
      Oh iya kak. Mau nanya lagi nih. Aku kan liat di postingan gambar kakak yg bagian tes kesehatan itu ada sekitar 8 tes keseluruhan. Tapi saya juga lihat refensi tes tahun sebelumnya ada juga tes ambeien nya. Apakah waktu kakak tes juga ada tes ambeiennya juga kah?.. Dan kalo punya ambeien apakah ada kemungkinan lolos juga? Terimakasih

      Delete
    3. Ada kok. Kalo ga salah udah aku jelasin di bagian pemeriksaan fisik. Kyknya selama ambeien ga parah2 bgt bisa lolos. Temenku ada jg yg waktu MCU khawatir ga lolos krn ambeien, eh alhamdulillah lolos sampai akhir

      Delete
    4. Alhamdulillah ada pencerahan. Sekali lagi thanks kak :)
      Semoga dilancarkan sampai tes kesehatan dan interview besok. Amin.

      Delete
  26. Sebelumnya terimakasih untuk artikelnya sangat bermanfaat sekali, di sini saya mau tanya saya sama dari jurusan arsitektur juga ngambil di posisi PMU juga, bisa sharing saat di Interview Usernya engga ?

    ReplyDelete
  27. Wah ada temennya ternyata hehe. Boleh sih, tp panjang beneran kalo ngebahas interview user yg kaitannya sama jurusan. Intinya sih pinter2 aja cerita hubungan arsitektur sama jobdesc PMU, walaupun agak maksa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya nih kebetulan sama hehe, pernah ngelakuin hal begitu pas di wawancara psikotest tapi agak maksa jadi agak takut aja masalahnya yang di hadepin kan beda lagi nanti hehe, bisa minta emailnya ?

      Delete
  28. Selamat malam mbakk, saya mau tanya nih terkait poin2 yg ditanyakan ketika interview user apa saja ya selain pengalaman organisasi, kerja, dan alasan melamar disana? Mohon jawabannya ya mbak hehe. terima kasih banyakk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang lebih itu sih. Pokoknya digali (digali ya, bukan cuma ditanya) alasan kuatmu kenapa pantes lolos BPJSTK, kenapa pantes ada di posisi itu, kekurangan kelebihanmu buat jd pegawai di BPJSTK, ya pokoknya hal yg berkaitan sama itu deh

      Delete
  29. Assalamualaikum. Terima kasih mbak udah buat artikel ini, sgt membantu aplgi buat kami yg udah d tahap akhir.
    Mw nanya bbrp poin mbak, mohon dibalas klo berkenan.. 1) jarak waktu antara mcu & user ke pengumuman akhir itu brp lama ya? Trus jarak waktu dr pengumuman akhir ke tanda tangan kontrak (apabila lolos) brp lama mbak?
    2) apakah waktu ttd kontrak ,mbak udah resign dr tmpt kerja sebelumnya ato belum?
    3) apakah di masa opk dan ojt itu kemungkinan gugur nya msh besar ato gimana mbak? Apakah klo kita kalem aja ngikutin instruksi dan petunjuk juga gk melanggar aturan, insha Allah bisa dipastikan lolos?
    Makasih banyak sebelumnya mbak. Mohon dibalas mbak klo berkenan.. jawaban mbak sgt membantu kami dlm rekrutmen ini ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waallaikumsalam.
      1. Jarak pengumuman lolos MCU interview user itu sekitar 1 bulan. Abis itu masih nunggu lagi pengumuman jadwal OPK, itu nunggunya sekitar 2 mingguan.
      2. Ttd kontrak yg mana nih, soalnya ga ada ttd kontrak hehe. Adanya ttd surat pernyataan bersedia ini itu kalo diterima jadi calon karyawan BPJSTK. Kalo waktu ttd itu aku blm resign dong, soalnya aku ttd surat pernyataan udah dr tes tahap2 awal. Aku baru resign setelah ada pengumuman lolos ke OPK
      3. Alhamdulillah kemungkinan kecil sih ga lolosnya kalo udah sampe OPK + OJT. Yg penting ga aneh2 aja jd orang, insyaAllah lolos. Tp jg ga bisa disepelein, soalnya OJT jg yg nilai atasan + rekan2 kerja kita, jd jangan bikin gara2 jg sama lingkungan kantor hehe

      Delete
    2. Wah makasih banyak mbak skli lg atas informasinya. Skg bisa tau lbh detail mengenai tahap2nya. Doakan kami moga bisa lulus hingga tahap akhir mbak hehe. Smoga Tuhan membalas kebaikan mbak..☺

      Delete
  30. Kak kalo boleh tau, pas di cek kesehatan boleh ada bekas luka dan amandel ? Soalnya ada review yg saya baca di blog lain dia di cek bekas luka nya gt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo waktu aku sih ga ada cek bekas luka. Ga sampe dicekin detail gt kulitnya ada bekas luka atau ga.
      Kalo amandel, emang disuruh buka mulut trs disenter gt sih, mgkn itu termasuk ngecek amandel kali ya. Tp kalo ga parah2 bgt jg kyknya aman kok.

      Delete
  31. Selamat malam mba, saya pengen jadi pegawai bpjs tp saya masih ada terikat kontrak, tp saya udh bikin planing ke depannya mau melamar apa dan saya pengen bgt di bpjs, yg ingin saya tanyakan lowongan kerja di bpjs itu buka setiap 6 bulan atau bagaimana mba? Soalnya dulu saya masih jadi penganguran byk bgt yg gk jelas, saya sampe bingung web asli yg mana? Mohon pencerahannya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diliat dr rekrutmen beberapa tahun belakangan ini, tiap tahun pasti ada rekrutmen, dan pendaftaran awal sekitar bulan februari. Jd sering2 aja cari info, biar tau kalo ada rekrutmen dan tau itu beneran atau bohongan. Kalo web resmi rekrutmen bpjstk beberapa tahun ini sih cuma di rekrutmen.bpjsketenagakerjaan.go.id

      Delete
  32. slamat kkak.

    ka mau mau tanya dong pengumuman hasil setelah interview user brapa lama ya.

    ReplyDelete
  33. Kak mau tanya soal gaji di bpjs tk. Apakah gaji penata madya umum dgn penata madya lain sama pada saat baru masuk kerja? Lalu apa yg menentukan besaran gaji karyawan saat baru pertama masuk? Pendidikan terakhirnya atau divisnya? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg nentuin besar gaji di BPJSTK itu grade + golongan posisi yg ditempatin. Jd nyesuaiin jenjang pendidikan posisi yg dilamar, bukan jenjang pendidikan sesuai kenyataan. Jd misal kamu S1 tp ngelamar posisi yg D3, ya gajinya sesuai yg D3. Intinya ya lebih tergantung posisi, bukan pendidikan kita

      Delete
  34. kak, boleh tau g berapa org yang lulus angkatan 2017 ketika opk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg lolos ke tahap opk sih katanya 800an orang. Kalo yg lolos dr opk ke penempatan, aku kurang tau, mgkn ada beberapa yg gugur krn ga bisa ikut opk

      Delete
  35. mba tau g berapa org yang diterima tahun 2018 skrg???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku ga tau, bukan panitia, ga denger isu2 tentang rekrutmen jg hehe

      Delete
  36. kak, mau tanya.. klo di opk kn ad ujian, itu materinya sesuai divisi yg dilamar ato gmn?
    Trus, klo pnglman kakak, kakak dipindah divisi gag pas kakak ojt? Kakak ditmpatin dmn? Jauh dri domisili kah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ujiannya nanti ada materi dasar, ada juga materi yg sesuai posisi yg dilamar.
      Kalo aku kebetulan waktu pengumuman penempatan dipindah posisi, jd emang ga selalu ditempatin sesuai posisi waktu ngelamar, kecuali posisi yg kamu lamar ada kualifikasi khusus kyk TI atau keuangan.
      Alhamdulillah aku ga didomisili, tp jg ga jauh2 banget dr domisili :)

      Delete
    2. Mbak saya mau bertanya, mbaknya kok bisa ketika penempatan jadi pindah posisi? Lalu, ketika penempatan mbaknya dipindah dari PMU menjadi posisi apa ya mbak? Terima kasih.

      Delete
    3. Semua bisa aja kalo di BPJSTK :) Tentang posisi atau lokasi penempatan itu fleksibel bgt, semua keputusan ada di pusat, ga bisa milih dan pasti bakal sering berubah. Yg udah pegawai aja pasti sering ngerasain pindah posisi atau pindah kota, apalagi yg baru penempatan :)

      Delete
  37. Terima kasih kak infonya. Klo materi yang sesuai poisisi yg dilamar itu jga bakalan dikasih pelajarannya dlu kan kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pasti. Kalo pretest sih blm ada materi ya. Tp setelah itu full materi umum ttg BPJSTK, sekaligus materi sesuai posisi yg dilamar. Baru diantara itu ada tes2 lagi.

      Delete
    2. Sorry tanya lagi ya kak, klo pretest itu soalnya pilihan ganda ato gag, hehe
      susah kah kak waktu dlu pretestnya? ada yang dapet nilai jelek waktu gelombang kakak? makasih

      Delete
    3. Pretestnya pilihan ganda dan online, jd ngerjain di lab komputer gitu. Pasti ada dong yg dpt jelek, apalagi pretest. Yg penting test2 selanjutnya aja yg diusahain bagus, nanti jg ada remidinya

      Delete
  38. Hai ka . Kerapihan gigi dinilai gak sih ? Misal gigi renggang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah lewat MCU sih ini insyaAllah udah aman ga dicek lagi :)

      Delete
  39. Hai ka.
    Itu penempatannya acak gtu ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Semua keputusan ada di pusat. Makanya dr awal udah ditekanin harus siap ditempatin seluruh indonesia.

      Delete
    2. ini penempatan bakal permanen atau nanti bakal balik ke domisili masing-masing?

      Delete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada tapi cuma sebatas cek denyut nadi sama tekanan darah aja

      Delete
  41. Ka mau nanya doang .kalo kerja di BPJS itu ada bagian radiologinya nggak sih ka?
    Kalo ada ka. Cari info lokernya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Maaf sebelumnya, yang dimaksud bpjs ketenagakerjaan atau kesehatan ya? Kalo bpjs ketenagakerjaan rekrutmen cuma via web resmi, 1 tahun sekali dan ga ada posisi radiologi :)

      Delete
  42. Kak, mau tanya kalau semisal pernah telat kumpul makan am pernah g habis makannya itu apakah bisa pengaruh g lolos OPK ya kak, klo berdasarkan pengalaman kakak

    ReplyDelete
  43. Kak mau tanya nih buat registrasi awal berkasnya harus lengkap? Misal ada kesalah di salah satu berkas salah input berkas gimana ya kak? Apa bisa registrasi ulang? Mohon di jawab ya kakak🙏😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingetku kalo udah registrasi sampai akhir, udah disubmit gitu udah ga bisa diedit lagi. Tapi dicoba2 aja deh pokoknya selama waktu pendaftarannya blm tutup

      Delete
  44. Waa selamat ya kaak.
    Kaak share dong OJT itu apa???
    Mksh kak

    ReplyDelete
  45. Maap mau tanya,apa pas interview user kita boleh menanyakan sesuatu tentang bpjs ?

    ReplyDelete
  46. Kak waktu itu ada temen yg perokok ga? Soalnya wktu di pln yg ngerokok lgsung gugur.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak temen yg ngerokok. Yg penting waktu opk ga boleh ngerokok, kalo sehari-hari bebas

      Delete
  47. selamat yah kak atas diteirmanya kerja BPJSTK.
    Saya mau tanya nih, 1. setelah saya baca diatas itu beneran pas banget 9 bulan kak? (re: dari tes online - selesei opk. 2. bagaimana tipsnya kak utk mengerjakan masing-masing seleksi online & confirmatory tes?? oh ya, kita menunggu brp hari ya jaraknya dari seleksi online ke confirmatory tes?? makasih kak. jawabnnya sangat membantu dalam persiapan saya loh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Yap, sekitar 9 bulan. Aku daftar awal februari, pengumuman penempatan akhir november. Yang tahun 2018 malah baru penempatan awal desember.
      2. Tipsnya balik lagi ke masing-masing step seleksi yang aku ceritain diatas ya :)
      3. Nunggunya berapa lama aku udah lupa sih, kyknya sekitar 1 bulan

      Delete
  48. Assalamualaikum ka .. Aku dapet gmail dri BPJS ketenagakerjaan tapi disitu langsung monitoring selection dan interview user .. Apa klo seperti ttep dapet tes yang kakak ceritakan diatas atau hanya interview saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waallaikumsalam.
      Ikut seleksinya yang rekruitmen se-nasional bukan? Kalau emang bener ikut seleksi resmi dan emailnya emang resmi dari BPJS Ketenagakerjaan, kemungkinan emang seleksi untuk tahun ini tahapnya beda sama seleksi tahunku. Coba diikutin aja sesuai alur yang diinfokan :)

      Delete
  49. wahhh... slamat ya kak

    sya kPengen banget kerja di BPJSTK tpi sayang gigi saya berlubang

    ReplyDelete
  50. Assalamualaikum kak, aku mau tanya waktu pengumuman tes online jaraknya berapa lama kak ama tes onlinenya. Makasih kak, kalau kakak baca ini tolong di reply ya makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waallaikumsalam.
      Jujur aku udah lupa kalo ditanya jarak-jarak pengumumuman :')
      Kalo ga salah sekitar 1 bulan sih.

      Delete
  51. Kak mau nanya, untuk dokument yang diperlukan itu pada tahap ke berarpa baru di minta??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku dulu berkas udah disuruh bawa dr confirmatory test, tapi baru dicek waktu wawancara psikologis

      Delete
  52. Kak boleh minta no wa buat tanya tanya seputan tes

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa langsung di kolom komen sini aja, atau lewat email ya atikasitaap@yahoo.com

      Delete
  53. Hallo kak mau tanya, dulu kakak waktu buat surat ket bebas narkoba di RSUD atau di polres.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Kalau surat bebas narkoba dr rumah sakit ya, yg dr polres cuma SKCK.

      Delete
  54. Assallamualaikum kak saya mau nanya kira2 pada tahap interview user nantik pake b.inggris gak kak atau boleh b.indonesia aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waallaikumsalam. Semua proses seleksi ga ada tes bahasa inggris, interview pun semua pake bahasa indonesia. Bersyukurlah, biasanya perusahaan sekelas minimal BUMN pasti ada tes bahasa inggrisnya :)

      Delete
  55. wah selamat ya kak, aku minggu depan baru mau tes nih, smoga lolos kayak kakak ya :) btw kakak ditempakan di daerah mana?

    ReplyDelete
  56. Sebelumnya aku mau ngucapin selamat ke kamu, Oh ya aku th 2017 juga pernah daftar tapi gugur pada tes online, wah kamu hebat bisa lolos. Btw aku abis baca blog kamu ini jadi kepikiran ke tes fisik aku, tulang dagu aku agak gak simetris, kalau diliat langsung mungkin gak terlalu terlihat, tapi kalau diukur kayaknya bakal keliatan, dan gigi aku juga yang bolong lebih dari satu (kalau misal ditembel itu masuk gigi bolong gak?), jadi pesimis karena tes fisik itu masuk ke tes agak belakang, dan sekarang aku udah mau masuk confirmaty test, mohon reply ya, butuh banget saran kamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Hebat nih bisa tetep semangat coba lagi :)
      Menurutku medical checkup itu memang tes yang paling ga bisa diprediksi. Krn kita sbg peserta ga akan tau standart penilaian dan hasil dari MCUnya gimana. Tapi kyknya sih selama kesehatan fisik yang ga terlalu mengganggu itu ga jadi masalah. Krn banyak temen yang menurut cerita mereka punya penyakit fisik maupun dalam, tp nyatanya tetep bisa lolos. Menurutku sih penilaian yang lebih berpengaruh malah ada di interview user.
      Jadi kalau tentang rahang ga simetris itu insyaAllah ga jadi masalah. Kalau gigi bolong, justru solusinya ditambal biar ga dinilai bolong.
      Semoga membantu ya jawabannya.

      Delete
  57. Waah luar biasa kak..makasih udh ngshare pengalamannya. Oh iya kak boleh saya bertanya? kalau sertifikat TOEFL itu nantinya hrus ditunjukkan ga ya ka? Kalau sertifikatnya expired bermasalah ga kak?
    Terimakasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agnes. Sertifikat TOEFL seingetku tetep dilampirkan. Gapapa expired, yg penting ada dan dilampirkan.

      Delete
  58. Siap kak terimakasih :)
    Tp kira2 berpengaruh banget ga ya ka? Hehe
    Kalau dokumen yg dibawa pas wwncara user apa aja ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tes yg lain hasilnya bagus insyaAllah ga pengaruh sih :)
      Wawancara user udah ga bawa berkas apa-apa. Semua berkas diserahin waktu tes verifikasi dokumen.

      Delete
  59. Waah Terimakasih banyak kaaa infonyaa :) sukses selaluu

    ReplyDelete
  60. Ka kalau pas tes visus mata, matanya diperiksa sama mesin yg kaya komputer gtu apa cuma pake kacamata aja? Mohon dibalas ya ka terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ka kalau di cv saya melampirkan sertifikat brevet,, ntar pas wawancara psikologis di tanyain ga ttg brevetnya? mohon di blas yaa,, nuhun

      Delete
    2. Kalau yg di surabaya, tes mata cuma disuruh pakai kacamata trs baca huruf2 kayak biasanya

      Delete
  61. Sorry, brevet itu apa ya? Hehe. Sertifikat pelatihan pajak gt bukan? Pokoknya segala pengalamanmu mulai dr kuliah, kerja, penghargaan, termasuk pelatihan pasti digali abis2an. Jadi kemungkinan besar sih ditanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya kak uda bales.. aku mau nanya lagi nih ka,, kalo dr mcu ke waser,, itu langsung di 1 hari atau mcu dulu, baru kita nunggu pengumuman lagi malem nya kaya ct ke psikotest?
      Trus utk mcu ada tes asam urat nya ga ka?
      Terimakasih, semoga di balas lagi 🙏

      Delete
    2. Kalau waktu aku dulu, MCU sama wanser ada jeda sehari. Jadi MCU dulu, besoknya langsung wanser, tanpa pengumuman. Jadi semua yg MCU juga pasti wanser.
      Kalau asam urat sih aku ga ngerasa atas tesnya di MCU. Tapi ga tau ya kalau ternyata itu masuk di tes fisik atau tes darah atau yang lainnya.

      Delete
  62. Misi ka, mau nanya klo misalnya kita tes conf sampai fgd nya di jogja,, nanti tes kesehatannya di jogja juga atau nggak ya kak ?? Karna kan hbs tes fgd jeda nya ke tes kesehatan 1bln,, rencana nya klo gk di jogja pengen pulang dulu ke kalimantan..
    Mohon dibales kak, thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti MCUnya kemungkinan besar tetep di jogja. Pokoknya semua tes tetep di kota sesuai yang kamu pilih waktu seleksi awal.

      Delete
    2. Makasih info nya ka

      Delete
  63. Selamat kak.. Aku thn 2017 juga dftar tp gagal di tes online hehhe.. Alhamdulillah.. Aku thn ini bs sampe FGD dab wawancara psi. Kak aku mau tanya, aku kan ambil posisi sdm. Kalo di bpjs, jobdesknya sdm ini yg seperti apa ya kak? Semoga dibalas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Posisi SDM sih yang jelas bagian yang focusnya lebih banyak bertanggungjawab dengan semua hal yang berhubungan dengan kepegawaian. Diluar itu sedikit banyak ikut jobdesc bidang umum, tapi tetep ga jauh2 dari support sarana prasarana untuk semua staff.

      Delete
  64. Kak mau tanya, di kota lokasi test kakak ada brp orang yg diterima? dan per posisinya brp orang? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini sih aku udah lupa pastinya ya. Tapi tiap posisi dari masing2 kota seleksi ga lebih dari 10 orang.

      Delete
  65. Hai kak, Aku peserta test bpjs tk tahun ini. Aku baru aja baca blog kakak. Skrg aku di tahap menunggu hasil fgd dan wawancara psikolog, semoga lanjut ke tahap berikutnya amiin. Aku mau nanya ttg MCU kak, untuk masalah gigi beneran ga boleh bolong atau ompong ya kak? Aku ada 1 diatas kanan belakang ompong karna emang dah rusak waktu itu, jd di cabut sampai akarnya, terus satu lagi sebelah kiri sisa akarnya masih adaa. Itu gimana ya kak? Apakah masih ada pertimbangan kira2? Mohon sharingan nya ya kak heheh, thankyou jg utk blog nya sgt bermanfaat :)

    ReplyDelete
  66. Halo. Untuk masalah gigi bolong kyk yg udah aku jelasin ya, selama bolongnya ga parah dan ga keliatan bgt ga jadi masalah kok. Kalo ngerasa worry ya tinggal ditambal aja. Kalo udah ompong yaudah biarin aja hehe. Aku jg ga tau sih kategori penilaian MCU utk lolos engganya itu apa, tp kalo saranku ga usah dibawa pusing. Selama hasil tes lain terutama interviewnya bagus, insyaAllah hasil MCU jg aman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo gitu ya kak, makasih banyak kak infonya:)

      Delete
  67. Assalamu alaikum warohmatullaahi wabarokatuh.
    Malam Kakak. Aku juga lagi nunggu hasil LGD dan Wawancara Psikologis, semoga aja lanjut lagi hingga OPK, OJT, dan Karyawan tetap. Aamiin Ya Allah. aku mau nanya,
    1. kalo misal giginya gak sempet di tambal dan pake gigi palsu jika bolong, apkh sangat mempengaruhi kelulusan?
    2. Apa aja trik n tripnya dlm menghadapi wawancara user Kak?
    3. Apakah di wawancara user, kita diberikan kesempatan bertanya balik? Apa pengaruhnya jika kita bertanya atau tidak?
    Trima ksh sblmnya kak. Isi blognya detail banget. Keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ini semua pertanyaannya spesifik ke pengaruh kelulusan ya. Kalau pengaruh ke kelulusannya sih cuma panitia rekrutmennya aja yg bisa jawab hehe. Jadi untuk pertanyaan 1 & 3 aku skip ya. Intinya tambal, gigi palsu atau apapun itu cuma usaha kita aja supaya bisa maksimal waktu tes. Masalah bisa jadi poin lulus atau engga, itu aku ga tau.
      Kalau tips n trik wawancara user versiku udah aku ceritain semua di poin interview user diatas ya :) Kita dikasih waktu untuk tanya balik kok. Kalau kamu punya pertanyaan yg kurang jelas ya silahkan ditanyakan aja, ga masalah. Kalau ga ada yaudah cukup aja ga usah diada-adain. Gitu aja :)

      Delete
  68. misi kak, saya jg ingin bertanya,, kebetulan udah baca dr cerita nya smpe semua komennya, dan udah cukup jelas, cmn mau tanya, saya kan menderita buta warna parsial, apakah itu bakal sangat bepengaruh pada penilaian mcu, terimakasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setauku masalah buta warna parsial gitu tergantung kebutuhan posisi yang akan diisi. Tapi penempatan posisi di BPJSTK itu fleksibel kok, jadi mungkin itu ga jadi masalah, asal hasil tes yang lain sudah memenuhi kriteria. Ga usah terlalu dikhawatirin, do the best di tes yang lain aja :)

      Delete
    2. kebetulan saya juga ngambil posisi PMU ,, ya semoga bisa lulus sampai menjadi pegawai tetap aamiin, terimakasih ats jwbnnya ;)

      Delete
  69. Halo kak mau nanya kalo tes mata buta warna itu ada kemungkinan lolos nggak?thanks

    ReplyDelete
  70. sebelumnya saya mengucapkan selamat buat mbak atika,
    saya mau tanya menurut mbak seberapa berpengaruh antara jurusan yang "ga nyambung" dg posisi yg kita lamar ? kalo seangkatan mbak dulu yg lolos sampe OPK ada nggak/seberapa banyak yg dari jurusan "ga nyambung"?Thanks Before

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung posisi yang kamu lamar. Kalau posisi yang kamu lamar kayak keuangan, IT, atau posisi yang memang harus ada keahlian khusus pasti jurusan yang ga nyambung itu jadi masalah besar.
      Tapi sebaliknya, kalau posisi yang kamu lamar ga ada spesifik jurusannya, insyaAllah aman. Jurusan apapun banyak yang lolos.

      Delete
    2. Terimakasih mbak atika atas jawabanya,

      Delete
  71. Mb saya mw nanya, ketentuan tidak boleh menikah 1 tahun it gmana? di mulai saat kita baru di lantik Pegawai tetap dan tahun berikutnya baru bisa di izinkan menikah, atau saat kita awal OJT dan tahun depan saat pengangkatan pegawai tetap sudah bisa menikah?

    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dihitung mulai dari masuk ojt. Jadi tahun depannya sudah boleh nikah.

      Delete
  72. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  73. Assalamu'alaikum mbak, saya mau nanya, jarak antara pengumuman hasil LGD & Wawancara Psikologis ke MCU & Wanser berapa lama ya mbak?

    ReplyDelete
  74. mba tikaaa, aku mau nanya dong. setau mba ada gak temen mba tika yg lolos pas validasi dokumen ga lampirin ijazah asli karna masih di tahan di perusahaan tempat dia bekerja? galaw bgt nih :') waktu itu aku lampirin fc ijazah yg dilegalisir tp aku kasih note, ijazah akan dikeluarkan april. iya sih ntar bakal ketauan pas pengumuman, tp dri test LGD sampe skrg rasanya ga tenang :') mohon jwban nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh aku kurang tau ya kalau ini. Setauku waktu verif dokumen, semua dokumen asli harus ada. Tp dicoba aja dijelasin ke panitia rekrutmennya, siapa tau ada kebijakan. Soalnya penahanan ijazah juga masih waktu opk sih

      Delete
  75. Assalamualaikum kak, selamat ya btw atas pekerjaannya di BPJS
    Mohon maaf mau tanya, itu yg diatas ada kata t*sbol itu maksudnya diapain ya? Aku ga cun nih :'D makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waallaikumsalam. Coba digoogling aja ya apa itu tusbol, ga enak kalau aku jabarin disini :)

      Delete
  76. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  77. Hallo kak :) saya boleh tanya kah?
    Kakak kan ada di posisi PMU ya kak, boleh share tentang tugas dn tanggungjawab PMU ga kak selain dri pengelolaan aset, arsip, penyedia barang dan jasa, serta memelihara sarana dan prasarana
    Smoga berkenan membalas :)
    Terimakasih kaaak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jobdescnya ga jauh2 dr yg udah dijelasin di keterangan posisi sih. PMU intinya juga itu aja, kalau di kantor cabang jatuhnya lebih ke koordinir segala hal mengenai kepegawaian dan sarana prasarana. Kalau nanti lebih fokus ke arsip ya ngurusin arsip juga.

      Delete
    2. Waah siap kak terimakasih banyak infonya ya kak :)

      Delete
  78. Kak ada instagram yang bisa saya hubungi? Kebetulan saya ingin tanya2 karena mau wawancara user hehe. Atau jika kakak kurang berkenan membagi akun ig kakak dicomment ini, saya bisa dihubungi di account ig @femiawdyn. Terimakasih kak mohon maaf sebelumnya

    ReplyDelete
  79. Halo kak, aku mau tanya, apa pegawai bpjs tk bisa mutasi beda kanwil? Misalny kanwil pekanbaru mutasi ke palembang? Dan itu di mutasi kan atau minta mutasi sendiri

    ReplyDelete
  80. Semanga pagi kaka?
    Salam sejahtera bagi kita semua, izinkan saya berdiskusi lewat pertanyaan saya saat ini. Untuk yg mengikuti seleksi Thn 2019 adakah diantara kita yg lulus maupun mengikuti OPK tahun ini?
    Adakah grub yg di fasilitasi untuk sharing dan tanya jawab?
    Terimakasih sebelumnya Horas Horas Horas !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita ada grup telegram mas. ada grup wa per regional juga. mas bisa kirim no wa ke email saya ya silviatrisna7@gmail.com untuk saya bantu masukin ke grup :)

      Delete
  81. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  82. Ka kalo kita resign kena denda berapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau angkatanku dendanya cuma 50juta, kalo angkatan di bawahku 2018 kena 75juta, setelah itu udah ga tau lagi :)

      Delete
  83. Kak waktu tes fgf kemarin full english apa indo aja gpp?
    Jawab yaa kakk aku doain selesai OJT cepat ketemu jodohnya.. Aamoon

    ReplyDelete
  84. Fgf apa nih? Fgd maksudnya? Hehe. Dr awal sampe akhir ga ada tes yg english, termasuk fgd

    ReplyDelete
  85. kak mau nanya, saya lusa ada interview user di bpjs kantor cabang sesuai domisili saya, untuk rekrutmen ptt bpjs 2019. apakah bpjs masih memungkinkan membuka rekrutmen untuk pegawai tetap ya tahun2 kedepan?
    soalnya kalau ptt ini kan based on kontrak ya, perpanjang maksimal ada yg bilang 2tahun ada yg bilang 3tahun. mohon penjelasannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf yg dimaksud bpjs kesehatan atau bpjs ketenagakerjaan? Krn bpjs ketenagakerjaan sudah tidak pernah buka lowongan PTT setau saya, kecuali anak perusahaan bpjs ketenagakerjaan :)

      Delete
  86. Kak lokasi OPK nya di setiap daerah atau bagaimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasi OPK seluruhnya di learning centre BPJS Ketenagakerjaan, di bogor.

      Delete
    2. halo kak ☺️
      untuk tes tahun ini tahapnya masih sama gk sprti kakak?
      apa ada yg beda soalnya saya liat di ig bpjsktnagakerjaan ada yg upload video vlog gitu ttg bpjs ketenagakerjaan
      terimakasih sebelumnya kak, mohon pencerahannya ☺️🙏

      Delete
  87. halo kak ☺️
    untuk tes tahun ini tahapnya masih sama gk sprti kakak?
    apa ada yg beda soalnya saya liat di ig bpjsktnagakerjaan ada yg upload video vlog gitu ttg bpjs ketenagakerjaan
    terimakasih sebelumnya kak, mohon pencerahannya ☺️🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Utk detail tahapan tesnya aku udah kurang tau ya sama ga sama 2 tahun lalu. Tapi kalau utk video vlog emang jadi syarat wajib seleksi awal sejak rekrutmen tahun lalu :)

      Delete
  88. kak yg tes nya harus di lokasi ujian yg telah pilih tes apa aja kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes yg langsung di lokasi maksudnya ya? Mulai confirmatory test sampai interview user sudah harus tes langsung di kota yg dipilih

      Delete
  89. Assalamualaikum kak, mau tanya nih kak seputar rekrutmen bpjs ketenagakerjaan, bolehkah minta email kakak?

    ReplyDelete
  90. hai kak, terimakasih ya sharing informasinya, bermanfaat sekali 🙏
    oya kak mau tanya, kalau jeda waktu dari tes online ke test confirmatory itu sekitar brp lama ya kak? karena lokasi tes aku jauh, di luar pulau, makasi yaa kak 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut pengalamanku sih sekitar 2-3 minggu. Tp kurang tau ya yg skrg. Ditunggu yg sabar aja. Tetep semangat lintas pulau, banyak bgt juga yg perjuangannya kayak gt 💪🏼

      Delete
  91. Malam ka mau nanya. Setau kakak akreditasi kampus ngaruh bgt ga ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akreditasi ada di persyaratan ngga ya? Aku lupa juga kalau akreditasi. Kalau emang masuk di persyaratan berarti diusahakan memenuhi aja. Tapi kalau kampusnya dari mana, setauku sih selama kamu memenuhi kriteria yg dicari ngga jadi masalah kamu dari kampus ternama atau engga

      Delete
  92. Kk mau nanya,kalo kita diterima ga diterima tahap test online itu pasti dikabarin kan kk? Atau yg dikabarin yg lulus aja yg ga lulus ga dikabarin?

    ReplyDelete
  93. Kak mau tanya,untuk lokasi penempatannya nnti apa ditempatkan sesuai domisili ya kak, misal di madura, jdi ditempatkan diwilayah madura kah ?

    ReplyDelete
  94. Mba, confirmatory test itu pembagian waktunya gimana ya mba?

    ReplyDelete
  95. Kak luar biasa sekali.. boleh saya tau bagaimana tips lolos psikotes? Terima kasih..

    ReplyDelete