Thursday, December 19, 2019

TRAVEL REPORT : BANYUWANGI

Hyaaa trip udah setahun baru dipost sekarang dosa ngga ya ini :) Ngga papa deh ya, biar ter-record aja memorinya pernah kesana. Hitung-hitung ngisi akhir tahun ini yang belum ada rencana liburan kemana-mana, beda banget kayak tahun lalu hiks. Jadi nge-rewind memori liburan tahun lalu sambil ngetik, biar khayalannya berasa lagi liburan *maksa*.

Tapi nih, karena travelling ini udah setahun yang lalu, dan aku yang short-term-memory-loss alias gampang lupa, ditambah lagi terlalu banyak 'sponsor' yang bikin perjalananku sangat hemat, jadi aku ngga bisa jelasin sedetail travel report biasanya ya. Really really sorry.

Cuss ajalah ya aku share foto di masing-masing lokasi, plus ceritanya seingetku aja :)

Day 1

Hari pertamaku di Banyuwangi dimulai dengan sarapan Nasi Jagung Gudeg di Warung Sego Bungkus dan Gudeg Bu Poer. Sedup kali ya penampakannya.

Next.
Tempat paling hiiiittss di Banyuwangi : Baluran National Park.
Nah, Taman Baluran ini bisa hits banget karena emang luas dan bagus banget buat foto dengan background sabana plus pohon-pohon gitu. Walaupun agak sayang aku kesananya musim hujan, jadi ngga seberapa hijau dan gerimis becek gitu waktu foto.

Eh, balik dikit sebelum masuk ke bagian sabananya ya. Jalan masuk ke padang sabananya Baluran ini lewat jalan yang lumayan panjaaang ala hutan gitu. Nah di jalannya itu juga bagus banget jadi spot foto.

Cakep ye kan. Lanjut ke setelah padang sabananya ya.
Ternyata oh ternyata, padang sabananya Baluran itu tembus ke pantai! Jadi kayak pantai tersembunyi gitu, tapi udah rame juga sih orang tau. Namanya, Pantai Bama.

Emang ngga terlalu bagus menurutku, dan ombaknya juga gede banget waktu aku kesana. Tapi keren aja sih, baru tau Baluran yang seluas itu ternyata tembus pantai.

Perjalanan buat ke Baluran National Park ini lumayan jauh dari pusat Banyuwangi, kurang lebih 1,5 jam. Dan disananya pun karena luas banget tempatnya, jadi of course seorang Atikasita Armin Putri butuh waktu lama dong buat foto-foto hehe. Alhasil, waktu mau ke next destination udah keburu gelap dan tutup. Akhirnya makan malem aja deh, makanan khas Banyuwangi banget, Nasi Tempong.

Nasi Tempong ini sebenernya hampir sama kayak sambelan atau penyetan biasanya di kota lain. Yang ngebedain dari sambel sama ada sayur-sayuran gitu.

Day 2

Hari kedua ini akan jadi cerita yang sangat amat panjang dan berkesan seumur hidup!
*halah* *padahal kalau ngga ngetik gini juga lupa hehe*

Hari kedua dimulai dari tengah malem. Anak gunung pasti tau nih kalau mulai tengah malem berarti mau kemana. Yas, Kawah Ijen.
Kawah Ijen ini impianku banget dari jaman kapan, akhirnya terwujud :') *ngetik sambil terharu*
Dan ternyata impianku ngga salah. Perjalanan ke Kawah Ijen ini yang bikin trip Banyuwangiku jadi sangat berkesan. Sayangnya malah bagian ini yang paling sedikit dokumentasinya, karena sikonnya yang tidak memungkinkan :(

Lemme tell ya.
Khusus perjalanan ke Kawah Ijen ini aku ikut tour travel @yukbanyuwangi (cus cek instagramnya). Tour travel ini punyanya temennya temenku, dan khusus aku dibolehin ikut khusus trip ke Kawah Ijennya aja (fyi, seharusnya ada paketan destinasinya gitu). Jadi sebelum naik, aku kenalan tuh sama orang-orang baru. Lupa deh satu tim berapa orang, mungkin sekitar 10 orang. Tapi aku deketan terusnya sama yang cewe-cewe aja sekitar 5 orang + tour leaderku.

Dalam keadaan gelap gulita kita mulai pendakiannya. Fyi guys, aku naik ini TANPA PERSIAPAN. SAMA SEKALI. Aku terlalu menyepelekan karena emang plan ke Banyuwangi mendadak, ngga sempet olahraga, dan bayanganku tracknya ngga jauh beda kayak Bromo *dongdong banget emang alasan yang terakhir*. Jangan ditiru ya. Bener-bener jangan ditiru. Karena tips nomor satu dari aku buat yang mau naik ke Ijen adalah persiapan, minimal olahraga ringan tapi rutin. Dan jangan samain tracknya sama Bromo. Beda jauh jauh jauh banget.

Kata tour leadernya, buat naik ke puncak Ijen makan waktu sekitar 3 jam dan ada sekitar 4 pos pemberhentian *kalau ngga salah inget*. Mau tau ngga gimana perasaanku selama mendaki? NYESEL, PENGEN NANGIS HAHAHAHA. Gimana ngga gitu, ini pengalaman pertamaku naik gunung, tracknya langsung yang bener-bener curam, gelap gulita, dan ngga ada persiapan fisik sama sekali :) Jadi, belum sampai di pos pertama aja aku udah mikir 'Kenapa sih aku disini. Kenapa sih aku sok-sokan pengen naik ke Ijen.' Bener-bener galau guys. Pengen nyerah balik turun tapi malu ngomong ke tour leadernya. Kalau dilanjutin rasanya ngga kuat. Haha.

Alhamdulillah gengsiku gede ya, jadi aku tahan tuh kuat-kuatin teruuuss, sampai puncak. Luar biasalah waktu itu :')
Sampai di puncak Ijennya masih gelap dan pas kabut lumayan tebel. Jadi jalan hampir menuju puncak udah harus pakai masker khusus buat penangkal bau belerang. Dan karena ketutup kabut, jadi pemandangan Kawah Ijennya ngga sebagus seharusnya. Bayangin deh, mendaki 3 jam dengan perasaan 'terpaksa', sampai puncak ngga bisa dapet pemandangan yang seharusnya, banyakin how's my feeling. Tetep ngerasa luar biasa dong hehe. Ngerti ngga sih rasanya berhasil naik ke puncak aja itu kayak bukan aku loh :') Jadi tetep bangga!

Ini penampakan masker penangkal bau belerangnya.
Selama di jalan menuju puncak, turun tebing, sampai naik lagi wajib pakai ini terus,
terutama buat yang ngga terbiasa hirup aroma belerang.

Tapi karena di puncak ngga dapet view yang terlalu bagus, jiwa tidak puasku muncul dan tertantang buat dapet yang lebih dong yaaa haha. Udah terlanjur susah payah sampai Ijen, masak ngga sekalian liat sang rajanya kan. Yas, si Blue Fire.

You know what, buat ke Blue Fire harus turun tebing belerang :) Iya. Turun. Tebing. Dan turunnya ini belum ada track khusus, jadi harus cari jalan sendiri di antara bebatuan belerang. Sumpah itu bukan aku banget ya Allah :') Bersyukur banget punya tim yang baik-baiknya luar biasa. Jadi selama turun tebing aku ngga pernah dilepas sama sekali, dibantuin banget. Luv bangetlah pokoknya :')
Turunnya ngga seberapa jauh kayak naik, kurang lebih cuma 45 menit ((cuma)), tapi medannya jangan ditanya lagi ya.

Sampai di bawah, lagi-lagi belum dikasih rejeki. Si Blue Firenya malu-malu ketutup kabut juga. Jadi ya gitu deh. Berusaha di foto kayak gimanapun ngga bisa keliatan. Cuma foto ini yang paling lumayan keliatan Blue Firenya.

Gembel banget ya fotonya gini doang haha. Tapi seriously, kalau diliat langsung tetep bikin pengen nangis guys. Ngeliat Blue Fire dengan mata langsung di depan mata rasanya kayak super banget emang kekuasaan Allah :') Padahal aku liat belum di kondisi yang maksimal, gimana kalau pas lagi membara banget ya.

Ngga terlalu lama ngeliatin Blue Firenya, buru-buru naik lagi biar bisa dapet sunrise di atas.
Ada satu momen nih di trip ini yang sampai sekarang kalau aku inget masih bikin merinding terharu pengen dapet momen gitu lagi. Jadi waktu perjalanan naik, aku dan temen-temen setimku berhenti sejenak di salah satu spot tebing. Kebetulan waktu itu udah sunrise, dan takut kelewatan waktu subuh. Akhirnya kita sholat gantian diantara tebing-tebing itu yang pinggirnya langsung Kawah Ijen, tanpa mukena, tanpa alas, tayamum pakai pasir belerang :') Huhuhuhu kebayang ngga sih rasanya waktu itu, ngga bisa dijelasin pakai kata-kata pokoknya. Disini nih pemandangan dari spot aku sholat subuh.

Break disini lumayan lama mulai dari matahari muncul sampai bener-bener terang. Begitu terang baru deh bisa foto-foto.

Kayaknya sekitar jam 6 pagi, aku udah posisi di puncak lagi, dan tetep masih pemandangan kabut. Tapi udah lumayan bisa keliatan bagus nih di fotonya.

Setelah beres, rasanya udah lega ya tinggal turun perjalanan pulang aja. Ah ternyata aku salah sangka. Tetep aja perjalanan turunnya berasa panjang bangeeeett huhu dasar ngga pernah naik gunung jadi ngeluh terus.

Let me introduce wajah kawan-kawan + tour leaderku di kala itu yang baiknya kayak malaikat.
Kalau ngga ada mereka ngga bakal deh aku bisa sampai puncak, apalagi bisa turun liat Blue Fire :')

Fyi, disana ada 'ojek orang' loh. Ojek orang means kita didorong sama penduduk-penduduk sana pakai alat semacam gerobak gitu. Jadi selama perjalanan kita udah tinggal bobok manis aja. Bisa mulai perjalanan mendakinya, bisa perjalanan turunnya, pokoknya mereka siap sedia deh. Untuk feenya kalau ngga salah sekitar 800ribu/ojek. Gini nih penampakannya.

Jelas sempat berkali-kali terlintas di otakku buat nyerah naik ini aja guys. Apalagi waktu mendaki. Tapi namanya gengsi yaaa, dan sayang duitnya juga, alhamdulillah tanpa naik ojek jadi lebih terkenang momennya :)

Setelah perjuangan panjang di Kawah Ijen, aku balik deh ke pusat Banyuwangi dengan level puas yang luar biasa. Hebatnya nih ya, aku kira bakal tepar seharian, ternyata cuma teler sekitar 3-4 jam aja guys. Hebat ngga sih aku :') Abis itu langsung gas ke destinasi selanjutnya!

And then, welcome to Alas Purwo! Alas Purwo ini areanya mirip-mirip Baluran National Park, jalan masuknya sejenis jalan hutan gitu yang kanan-kirinya pohon. Tapi bedanya, pointnya bukan padang sabana, tapi sejenis taman ternak gitu. Jadi ada pagar batas yang pengunjung ngga boleh ngelewatin pagar itu karena isinya hewan-hewan. Bingung ngga sih? Pokoknya kayak di foto gini deh, tafsirkan sendirilah ya hehe.

Ngga lama disana, lanjut ke destinasi selanjutnya, G-Land Beach.
Nah, G-Land ini baru bener-bener hidden beach. Karena belum ada akses kesana, jalannya masih di portal dan  kendaraan yang diperbolehkan lewat cuma tertentu aja. Jadi aku harus jalan kaki lumayan jauh dari parkiran sampai ke pantainya. Tapi sampai di pantainya emang beneran masih sepiii banget, dan pantainya pun bagus! Mungkin karena masih sepi dan airnya masih jernih ya. Tapi sayangnya, aura pantai disana ngga cocok sama aku. Entah kenapa disana bawaannya gelisah pengen cepet-cepet pergi, padahal seriusan deh pantainya bagus banget.

Beres dari G-Land, lanjut ke destinasi terakhir, De Djawatan!
Ini nih spot yang di hari sebelumnya mau aku samperin tapi udah kemaleman. Aku sukak banget tempat ini. Seneng aja bisa liat pohon-pohon kayak gini, kayak eyegasm banget :3

Dan, hari terakhir ditutup dengan makan malam yang enak bangeeeett. Khas Banyuwangi dan belum pernah nemu di tempat lain : Nasi Pitik!

Foto sama namanya ngga komersil banget ya, tapi rasanya enaaaakk. Wajib coba ya kalau ke Banyuwangi.

Hhm cukup sekian travel reportku selama di Banyuwangi tahun lalu gengs. Niatnya pendek, malah tetep aja jadi panjang ya hehe. Semoga bisa ke Banyuwangi lagi nyoba destinasi baru lainnya atau malah mengulang memori :) Aamiin.
Gara-gara bikin post ini, dengan tangan terbuka dan penuh berharap, aku open booking yang mau ngajakin ke Banyuwangi lagi deh. Haha canda guys. Kalau ada yang beneran juga bolehlah dipertimbangkan :)

So, finalllyyy, thank you and bye! ♥️